BERITA

Rektor Universitas Lampung (Unila) meresmikan Pusat Keunggulan Mahasiswa Jurusan Kimia untuk Meningkatkan Kualitas Mahasiswa

180
×

Rektor Universitas Lampung (Unila) meresmikan Pusat Keunggulan Mahasiswa Jurusan Kimia untuk Meningkatkan Kualitas Mahasiswa

Sebarkan artikel ini
Tingkatkan Kualitas Mahasiswa, Rektor Unila Resmikan Students Excellence Center Jurusan Kimia
Tingkatkan Kualitas Mahasiswa, Rektor Unila Resmikan Students Excellence Center Jurusan Kimia

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Meresmikan Students Excellence Center (SEC) Jurusan Kimia, Rektor Universitas Lampung (Unila), Prof. Dr. Ir. Lusmeila Afriani, D.E.A., I.P.M, bertekad meningkatkan kapasitas dan prestasi mahasiswa.

Pada Jumat (4/8/2023), tonggak penting ini diresmikan sebagai bagian dari upaya untuk memperoleh pendanaan dan mendukung peningkatan kapasitas institusional.

Jurusan Kimia Unila telah mencatat berbagai prestasi, salah satunya adalah perolehan Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) tahun 2022 dengan total pendanaan senilai Rp976 juta.

Pendanaan tersebut bertujuan untuk meningkatkan indikator kinerja utama perguruan tinggi, termasuk peningkatan jumlah lulusan yang bekerja, melanjutkan studi, atau berwirausaha.

Hasil konkret dari upaya ini adalah pendirian SEC yang diawali dengan alih fungsi dan renovasi ruangan kuliah menjadi fasilitas modern dengan smart TV, sistem audio, dan peralatan pendukung audio visual.

SEC diharapkan menjadi pusat kegiatan pembinaan mahasiswa, termasuk persiapan untuk dunia kerja, studi lanjut, serta wirausaha.

Berbagai kegiatan, seperti pelatihan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA), Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), coaching clinic dengan praktisi industri dan dunia usaha, serta Chemistry English Club (CEC), akan diadakan dalam SEC untuk mendukung pengembangan kompetensi mahasiswa.

Ketua Jurusan Kimia Unila, Mulyono, Ph.D, mengungkapkan bahwa langkah-langkah ini telah memberikan hasil yang positif, terutama dalam meningkatkan capaian kelulusan tepat waktu mahasiswa program studi S1 Kimia yang meningkat drastis dari tiga orang pada tahun 2022 menjadi lebih dari 60 orang pada tahun 2023.

Pendirian SEC juga dipadukan dengan akreditasi internasional dari Royal Society of Chemistry (RSC), yang memberikan pengakuan atas kualitas pendidikan dan pengajaran di program studi ini.

Dukungan dari Unila dan FMIPA juga turut berperan dalam kesuksesan ini, termasuk melalui rehabilitasi gedung dan peningkatan fasilitas laboratorium.

Dengan berbagai langkah nyata ini, Jurusan Kimia Unila menegaskan komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan mencetak lulusan yang siap bersaing di era global.

Prestasi ini menjadi langkah menuju upaya penyempurnaan Indikator Kinerja Utama Unila yang sedang dilakukan.

Semoga keberhasilan ini akan terus memberikan dampak positif bagi mahasiswa dan institusi di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *