BERITA

Pulung Kencana Raih Juara I Nasional dalam Apresiasi RDK, Pj Bupati Tubaba Terima Penghargaan dari BKKBN RI

68
×

Pulung Kencana Raih Juara I Nasional dalam Apresiasi RDK, Pj Bupati Tubaba Terima Penghargaan dari BKKBN RI

Sebarkan artikel ini
Pulung Kencana Juara I Nasional Apresiasi RDK, Pj Bupati Tubaba Terima Penghargaan dari BKKBN RI
Pulung Kencana Juara I Nasional Apresiasi RDK, Pj Bupati Tubaba Terima Penghargaan dari BKKBN RI

Media90 – Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba), M. Firsada, menerima penghargaan dari pemerintah pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI.

Penghargaan tersebut diberikan bertepatan dengan rangkaian Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 yang berlangsung di Hotel PO Semarang, Jawa Tengah, pada Rabu, 26 Juni 2024.

Penghargaan yang diraih merupakan pengakuan terhadap Rumah Data Kependudukan (RDK) Tiyuh (Desa) Pulung Kencana, Tulangbawang Tengah, Tubaba, Lampung, yang dinobatkan sebagai juara pertama nasional.

Penilaian ini didasarkan pada hasil seleksi administrasi, penilaian profil, wawancara, serta verifikasi lapangan oleh tim penilai dari BKKBN RI.

RDK Tiyuh Pulung Kencana berhasil meraih predikat terbaik pertama tingkat nasional dalam kategori digital. Atas pencapaian ini, Pj Bupati M. Firsada mengungkapkan rasa bangga dan syukur.

Baca Juga:  IIB Darmajaya Membuka Pintu Menuju Masa Depan: PKKMB 2023

Prestasi ini menunjukkan komitmen dan kerja keras seluruh tim dalam memanfaatkan teknologi digital secara optimal untuk menangani prevalensi stunting dan kemiskinan ekstrem di Tubaba.

“Penghargaan ini bukan hanya tentang prestise, tapi juga tentang makna yang lebih dalam. Ini merupakan pengakuan atas upaya mewujudkan good corporate governance. Melalui rumah data kependudukan digital, konsep transparansi, akuntabilitas, dan tanggung jawab dapat terwujud,” kata M. Firsada.

Melalui implementasi Rumah DataKu, Pemerintah Kabupaten Tubaba akan terus berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan memanfaatkan data dan teknologi sebagai katalisator transformasi positif.

“Kunci keberhasilan ini adalah kolaborasi lintas sektor dan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Terima kasih kepada seluruh stakeholder dan semua pihak yang telah mendukung serta terlibat dalam upaya penerapan RDK di Tubaba,” ujar M. Firsada.

Menurut Pj Bupati, dalam menangani prevalensi stunting di daerah, ketahanan data dan kemampuan untuk mengakses informasi secara cepat dan akurat menjadi semakin vital.

Baca Juga:  Modus Penipuan 'Ngaku Pj Bupati Lampung Barat': Janji Bantuan Rp25 Juta ke Pengurus Masjid Terbongkar

Oleh karena itu, Pemkab Tubaba berkomitmen untuk terus mengembangkan dan meningkatkan inisiatif terkait data digital guna mendukung kebijakan yang terukur dan tepat sasaran.

Pj Bupati juga mengajak seluruh stakeholders untuk terus mendukung upaya penguatan kapasitas, aksesibilitas, dan keberlanjutan program-program berbasis data di wilayah yang dipimpinnya.

Bentuk dukungan ini diharapkan akan semakin memperkuat fondasi pemerintahan yang responsif dan inovatif dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

M. Firsada juga memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh tim yang terlibat dalam pengembangan dan implementasi RDK, serta kepada masyarakat yang telah turut serta dalam proses tersebut.

Ia berpesan agar semangat kerja keras, inovasi, dan kolaborasi terus ditingkatkan demi mewujudkan visi Tubaba sebagai daerah yang menjadi contoh dalam pemanfaatan data digital untuk kesejahteraan bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *