BERITA

Prof. Admi Syarif Ungkap Rahasia Sukses Riset Berkualitas untuk Dosen IIB Darmajaya

32
×

Prof. Admi Syarif Ungkap Rahasia Sukses Riset Berkualitas untuk Dosen IIB Darmajaya

Sebarkan artikel ini
Prof. Admi Syarif Bagikan Tips Riset Berkualitas kepada Dosen IIB Darmajaya
Prof. Admi Syarif Bagikan Tips Riset Berkualitas kepada Dosen IIB Darmajaya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Sabtu, 27 Januari 2024, Prof. Admi Syarif, Ph.D., memberikan wawasan berharga dalam Workshop Tips & Trik Mendapatkan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) Hibah DRTPM di Aula Lantai II Pascasarjana Gedung Hj. Yoenidar Karim, Kampus IIB Darmajaya.

Dalam workshop ini, beliau menyoroti aspek-aspek kunci untuk menghasilkan penelitian yang berkualitas.

Menurut Prof. Admi Syarif, riset yang berkualitas harus dimulai dengan pernyataan persoalan yang jelas, merangkum literatur secara tepat, dan dilaksanakan dengan tahap yang jujur.

Beliau menekankan pentingnya sebuah proposal penelitian yang mampu menjawab permasalahan dan tujuan dengan jelas, menjelaskan alasan dilakukannya penelitian, serta memberikan gambaran metode yang akan digunakan.

“Proposal harus memuat informasi yang cukup untuk meyakinkan reviewer tentang gagasan penelitian yang penting, penguasaan literatur, isu-isu utama yang relevan, dan metodologi yang handal,” ungkap Prof. Admi Syarif.

Beliau juga menyoroti pentingnya penulisan proposal yang koheren, jelas, dan meyakinkan, karena kualitas proyek penelitian seringkali tergantung pada cara proposal ditulis.

Workshop ini turut memperinci komponen-komponen proposal, meliputi pemilihan judul, abstract, pendahuluan, perumusan masalah, tujuan, studi literatur, metodologi, hingga anggaran.

Kepala LP2M IIB Darmajaya, Dr. Sri Lestari, S.Kom., M.Cs., menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas proposal hibah DRTPM, serta menekankan peran LP2M dalam memastikan proposal memenuhi syarat administrasi.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik IIB Darmajaya, Dr. Sutedi, S.Kom., M.T.I., juga menyoroti pentingnya penelitian bagi reputasi dosen dan almamater.

Beliau mengungkapkan bahwa penelitian yang berkualitas dapat meningkatkan reputasi dan menegaskan tanggung jawab dosen dalam menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Dalam konteks ini, kegiatan workshop menjadi langkah strategis untuk memastikan peningkatan kualitas riset dan pengabdian kepada masyarakat di IIB Darmajaya.