BERITA

Prabowo: Indonesia Harus Segera Menjadi Lumbung Pangan Dunia Melalui Swasembada Pangan dan Energi

6
×

Prabowo: Indonesia Harus Segera Menjadi Lumbung Pangan Dunia Melalui Swasembada Pangan dan Energi

Sebarkan artikel ini
Presiden RI Prabowo Targetkan Indonesia Secepatnya Jadi Lumbung Pangan Dunia Lewat Swasembada Pangan dan Energi
Presiden RI Prabowo Targetkan Indonesia Secepatnya Jadi Lumbung Pangan Dunia Lewat Swasembada Pangan dan Energi

Media90 – Presiden RI ke-8, Prabowo Subianto, menegaskan pentingnya Indonesia segera mencapai swasembada pangan dan energi dalam pidato perdananya usai dilantik dan mengucap sumpah jabatan di Gedung MPR RI, Minggu (20/10/2024).

Dalam pidato tersebut, Prabowo menekankan bahwa swasembada adalah kunci untuk mewujudkan kemandirian nasional dan memperkuat posisi Indonesia di panggung global.

“Indonesia harus secepatnya swasembada pangan dan mampu memproduksi kebutuhan pangan yang cukup untuk seluruh rakyatnya,” ujar Prabowo di hadapan para hadirin.

Ia menyampaikan visi besar untuk menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia dalam waktu empat hingga lima tahun ke depan.

Prabowo meyakini bahwa dengan memaksimalkan potensi dalam negeri, Indonesia tidak hanya akan mandiri secara pangan tetapi juga mampu mengekspor hasil pertaniannya ke berbagai negara.

Baca Juga:  Ini Dia 11 Atlet Sepatu Roda yang Memburu Kejayaan di Kejurnas Palembang Open 2033, Wali Kota Metro Menjanjikan Medali Emas

Selain fokus pada swasembada pangan, Prabowo juga menyoroti pentingnya swasembada energi.

“Indonesia memiliki banyak potensi energi yang tidak bergantung pada negara lain, seperti kelapa sawit, singkong, sagu, dan berbagai tanaman lainnya. Kita harus memaksimalkan potensi ini,” katanya.

Ia juga menyinggung kekayaan energi terbarukan yang dimiliki Indonesia, seperti energi geotermal dan air, yang menurutnya sangat besar dan perlu dioptimalkan.

Dalam upaya mewujudkan swasembada tersebut, Prabowo menekankan pentingnya kebijakan subsidi yang tepat sasaran.

“Semua subsidi untuk rakyat harus sampai ke yang benar-benar membutuhkan. Kita harus berani melakukan perubahan, jika perlu, subsidi harus langsung ke keluarga-keluarga yang membutuhkan,” jelasnya.

Dengan pemanfaatan teknologi digital yang semakin berkembang, ia meyakini bahwa distribusi bantuan bisa dilakukan secara lebih efektif dan akurat.

Baca Juga:  Dukungan Penuh Relawan Budiman Sudjatmiko untuk Capres 2024: Terbentuknya Relawan Prabu Lampung

Pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden Republik Indonesia bersama Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden RI untuk periode 2024-2029 berlangsung dengan khidmat di Gedung MPR/DPR RI.

Keduanya mengucapkan sumpah jabatan di bawah kitab suci Alquran, dengan Prabowo terlebih dahulu diikuti Gibran.

Sebagai informasi, pada Pemilihan Presiden 2024, pasangan Prabowo-Gibran berhasil memenangkan kontestasi dengan perolehan suara sebanyak 96.214.691, menjadikan mereka pemimpin terpilih untuk memimpin Indonesia selama lima tahun ke depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *