BERITA

PPS Bumi Dipasena Utama Tulang Bawang Hadiri Rakor dan Bimtek Sirekap Pilkada 2024 di Bandar Lampung

5
×

PPS Bumi Dipasena Utama Tulang Bawang Hadiri Rakor dan Bimtek Sirekap Pilkada 2024 di Bandar Lampung

Sebarkan artikel ini
PPS Bumi Dipasena Utama Tulang Bawang Ikuti Rakor dan Bimtek Sirekap Pilkada 2024 di Bandar Lampung
PPS Bumi Dipasena Utama Tulang Bawang Ikuti Rakor dan Bimtek Sirekap Pilkada 2024 di Bandar Lampung

Media90 – Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kampung Bumi Dipasena Utama, Tulang Bawang, turut ambil bagian dalam rapat koordinasi (Rakor) persiapan pemungutan suara, rekapitulasi, serta bimbingan teknis (Bimtek) Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulang Bawang di Hotel Golden Tulip, Bandar Lampung, pada 12-13 Oktober 2024.

Acara ini diikuti oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), PPS Divisi Data dan Informasi (Datin), serta Sekretaris PPS dari seluruh wilayah Tulang Bawang.

Selain itu, para camat dari 15 kecamatan di Tulang Bawang juga turut hadir bersama PPK dan PPS dari 152 kampung.

Pada hari pertama, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Tulang Bawang, Saut Sinurat, memberikan materi mengenai pentingnya peran tim desk Pilkada dan tim pemantauan perkembangan politik.

Baca Juga:  Atlet Muaythai Lampung, Peraih Emas PON XX Papua, Tersungkur dan Dilarikan ke Rumah Sakit Setelah KO di PON XXI Aceh-Sumut

Ia menekankan bahwa koordinasi yang baik antara berbagai pihak, terutama dalam hal teknis dan kesiapan integritas penyelenggara Pemilu, merupakan kunci suksesnya Pilkada 2024.

Selain pembahasan teknis, Fajar, perwakilan dari Divisi Data dan Informasi KPU Tulang Bawang, memaparkan secara rinci tentang penggunaan Sirekap.

Sistem ini akan memainkan peran krusial dalam mempercepat dan meningkatkan akurasi proses rekapitulasi suara. Menurut Fajar, Sirekap terdiri dari dua platform, yaitu Sirekap Mobile dan Sirekap Web, yang akan mempermudah proses rekapitulasi.

“Sirekap akan menjadi alat bantu utama dalam rekapitulasi suara. Sistem ini memfasilitasi penghitungan suara yang lebih cepat dan akurat,” ujar Fajar.

Salah satu peserta dari Kampung Bumi Dipasena Utama, Ratna Eka, yang merupakan anggota Divisi Datin PPS, menyatakan apresiasinya terhadap kegiatan tersebut.

Baca Juga:  Ombudsman Tinjau Keluhan Warga Labuhan Maringgai Lampung Timur Terkait Kekurangan Tiang Listrik dan Penggunaan Bambu

Ia merasa bahwa Bimtek ini sangat bermanfaat dalam membantu mereka memahami penggunaan Sirekap secara lebih mendalam.

“Bimtek ini sangat membantu kami dalam memahami lebih dalam penggunaan Sirekap. Dengan sistem ini, kami optimistis rekapitulasi suara saat Pilkada nanti akan berjalan lebih mudah dan efisien,” ungkap Ratna Eka.

Dalam Rakor dan Bimtek tersebut, Kampung Bumi Dipasena Utama diwakili oleh Ratna Eka sebagai Divisi Datin PPS, serta Irfandy Ahdi Wijaya sebagai Sekretaris PPS.

Mereka berharap, dengan adanya pembekalan yang matang, pelaksanaan Pilkada 2024 dapat berjalan lancar dan transparan, terutama dalam hal rekapitulasi suara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *