BERITA

Polresta Bandar Lampung Catat 437 Kasus Pencurian Kendaraan di Tahun 2024, Kampus dan Indekos Jadi Sasaran Utama

5
×

Polresta Bandar Lampung Catat 437 Kasus Pencurian Kendaraan di Tahun 2024, Kampus dan Indekos Jadi Sasaran Utama

Sebarkan artikel ini
Kampus dan Indekos Target Favorit, Polresta Bandar Lampung Catat 437 Pencurian Kendaraan Bermotor di 2024
Kampus dan Indekos Target Favorit, Polresta Bandar Lampung Catat 437 Pencurian Kendaraan Bermotor di 2024

Media90 – Polresta Bandar Lampung melaporkan adanya 437 kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) sepanjang tahun 2024.

Rata-rata, kasus pencurian terjadi sebanyak 48 kali setiap bulan, atau lebih dari satu kendaraan hilang setiap harinya.

Data ini diperoleh dari laporan yang diterima dari seluruh polsek di Bandar Lampung, di mana 328 laporan berasal dari polsek, sementara 109 laporan lainnya langsung tercatat di Polresta.

Meski pencurian kendaraan masih marak terjadi, Polresta Bandar Lampung terus berupaya menekan angka kejahatan tersebut.

Kompol M. Hendrik Apriliyanto, Kasatreskrim Polresta Bandar Lampung, menyatakan bahwa pihaknya berhasil menyelesaikan 138 kasus dari total 328 laporan di tingkat polsek, yang setara dengan 42% dari keseluruhan laporan.

Baca Juga:  Didukung oleh 11 Partai, Istri Bupati Pesawaran Dendi dan Antonius Mendaftar sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Pesawaran ke KPU

“Di jajaran polsek, dari 328 laporan, 138 kasus berhasil diungkap. Ini setara dengan 42% kasus yang berhasil kami selesaikan,” ungkap Kompol Hendrik dalam keterangannya, Kamis (26/9/2024).

Sementara itu, dari 109 laporan yang langsung ditangani oleh Polresta Bandar Lampung, seluruhnya berhasil ditangani. Beberapa kasus yang diungkap berasal dari laporan tahun 2023, namun baru terpecahkan di tahun 2024.

“Di tingkat Polresta, kami mencatat 109 laporan, dan karena ada kasus-kasus yang berasal dari 2023 namun baru terungkap di tahun ini, jumlah pengungkapan kasus kami lebih banyak dari jumlah laporan yang diterima,” tambah Hendrik.

Kompol M. Hendrik juga menyoroti beberapa wilayah yang menjadi target empuk bagi pelaku curanmor. Kawasan kampus, kompleks indekos, dan perumahan yang sepi menjadi lokasi favorit bagi para pelaku kejahatan ini.

“Kawasan yang paling rawan biasanya perumahan yang sepi, areal kampus, dan kos-kosan,” jelasnya.

Baca Juga:  Pencatat Meteran PLN Terselamatkan Polisi di Lampung Tengah, Berterima Kasih Meski Dihadang Tembakan

Sebagai langkah pencegahan, Polresta Bandar Lampung meningkatkan patroli di waktu-waktu rawan dan terus memberikan edukasi kepada masyarakat.

Selain itu, mereka juga melakukan imbauan melalui Bina Masyarakat (Binmas) agar masyarakat lebih waspada terhadap ancaman pencurian kendaraan bermotor.

“Kami sudah menetapkan jadwal patroli rutin di jam-jam rawan, dan Binmas juga aktif memberikan sosialisasi serta imbauan agar masyarakat lebih waspada,” pungkas Kompol M. Hendrik Apriliyanto.

Dengan upaya yang terus dilakukan, diharapkan angka pencurian kendaraan bermotor di Bandar Lampung dapat ditekan, dan masyarakat dapat lebih tenang dalam beraktivitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *