BERITA

Polinela Gandeng Tiga Universitas Taiwan dalam Kesepakatan Kerjasama Baru

49
×

Polinela Gandeng Tiga Universitas Taiwan dalam Kesepakatan Kerjasama Baru

Sebarkan artikel ini
Polinela Teken Kerjasama dengan Tiga Universitas Taiwan
Polinela Teken Kerjasama dengan Tiga Universitas Taiwan

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Direktur Politeknik Negeri Lampung (Polinela), Prof. Dr. Ir. Sarono, M.Si., menjalin kemitraan strategis dengan tiga universitas Taiwan dalam acara penandatanganan Memorandum of Corporate (MoC) di Hotel Park Hyatt Jakarta pada Rabu (13/12/2023).

Kesepakatan ini menandai langkah penting dalam pengembangan pendidikan vokasional antara Indonesia dan Taiwan, melalui keanggotaan dalam International Talent Circulation Base (INTACT Base Taiwan – Indonesia).

Pertemuan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari seluruh Politeknik Negeri di bawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi.

Sinergi ini diharapkan dapat memperkuat kerjasama bilateral di bidang pendidikan vokasional antara kedua negara.

Tiga universitas Taiwan yang terlibat dalam MoC ini meliputi Cheng Shiu University, Hsing Wu University, dan Chaoyang University of Technology.

Kolaborasi ini dimulai dengan dukungan dari Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, yang memfasilitasi hubungan antara Politeknik Negeri Indonesia dan INTACT Base.

Prof. Dr. Ir. Sarono, M.Si., Direktur Polinela, menyambut baik kerjasama ini dan berharap agar dapat menjadi landasan bagi kerjasama yang berkelanjutan di masa depan.

Dalam pernyataannya, Prof. Sarono menyampaikan, “Kami sangat menyambut baik kerjasama ini. Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi yang telah memfasilitasi kerjasama dengan INTACT BASE ini.”

MoC ini memiliki tujuan utama yang mencakup dua poin utama, yaitu pembinaan bakat mahasiswa dan lulusan pendidikan tinggi vokasional Indonesia serta pengembangan dan promosi pengajaran bahasa Tionghoa.

Pembinaan Bakat Mahasiswa dan Lulusan Pendidikan Tinggi Vokasional Indonesia:

  1. INTACT Base akan memfasilitasi pendaftaran calon mahasiswa yang memenuhi syarat di Program Khusus Pendidikan Bakat Industri Internasional, yang dikenal sebagai “Program INTENSE,” di universitas-universitas Taiwan.
  2. Polinela akan berperan dalam mengidentifikasi mahasiswa yang memenuhi syarat dan mempromosikan Program INTENSE di kalangan mahasiswanya.
  3. INTACT Base akan memberikan informasi lengkap mengenai beasiswa pemerintah dan beasiswa perusahaan yang mencakup biaya kuliah dan biaya hidup bagi mahasiswa.

Pengembangan dan Promosi Pengajaran Bahasa Tionghoa:

  1. INTACT Base akan mendukung pengembangan dan implementasi kursus bahasa Tionghoa di Polinela.
  2. Polinela akan mengintegrasikan kursus bahasa Tionghoa ke dalam kurikulumnya dan mempromosikan kursus-kursus ini di antara mahasiswanya.

Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan pendidikan vokasional di Indonesia serta memperkuat hubungan antara kedua negara melalui pertukaran ilmu pengetahuan dan budaya.