BERITA

Polda Lampung Pastikan Arus Pemudik Tetap Lancar di Pelabuhan Bakauheni Menjelang Lebaran Idulfitri

63
×

Polda Lampung Pastikan Arus Pemudik Tetap Lancar di Pelabuhan Bakauheni Menjelang Lebaran Idulfitri

Sebarkan artikel ini
H-5 Lebaran Idulfitri, Polda Lampung Klaim Arus Pemudik Masih Normal dan Lancar di Pelabuhan Bakauheni
H-5 Lebaran Idulfitri, Polda Lampung Klaim Arus Pemudik Masih Normal dan Lancar di Pelabuhan Bakauheni

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Polda Lampung memastikan bahwa pada H-5 Lebaran Idulfitri 2024, kondisi arus lalu lintas masih berjalan normal dan lancar, termasuk di sekitar Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadillah Astutik, menyatakan bahwa berdasarkan laporan monitoring situasi pada Jumat (5/4/2024), tercatat data naik turun penumpang dan kendaraan dari Pelabuhan Bakauheni – Merak.

“Terjadi peningkatan jumlah penumpang dan kendaraan yang melintasi Pelabuhan Bakauheni – Merak. Namun, alhamdulillah, kondisi arus lalu lintas tetap terkendali dan tidak mengalami kepadatan yang berarti,” ujar Kombes Umi Fadillah Astutik.

Data tersebut mencakup penumpang pejalan kaki sebanyak 39.151 orang, kendaraan roda dua sebanyak 546 unit, roda empat sebanyak 4.342 unit, bus sebanyak 549 unit, dan truk sebanyak 2.367 unit.

Sementara dari arah sebaliknya, yaitu Pelabuhan Merak – Bakauheni, tercatat penumpang pejalan kaki sebanyak 63.133 orang, kendaraan roda dua satu unit, roda empat sebanyak 8.789 unit, bus sebanyak 588 unit, dan truk sebanyak 1.877 unit.

“Dari laporan Polres Lampung Selatan terkait pelaksanaan hari kedua Operasi Ketupat Krakatau 2024, mobilisasi arus kendaraan pada saat arus mudik pada H-5 Idulfitri masih dalam keadaan normal lancar,” tambah Kombes Umi.

Tidak hanya itu, kondisi serupa juga terpantau pada area parkir dermaga Pelabuhan Bakauheni, yang menunjukkan tidak ada penumpukan atau kepadatan kendaraan.

“Untuk situasi kantong parkir di dermaga Pelabuhan Bakauheni, kurang lebih pada H-5 Lebaran Idulfitri hanya terisi 20 persen kendaraan,” ungkapnya.

Arus mudik H-5 Lebaran juga berlangsung normal di Bandara Raden Inten II. Dari data naik turun penumpang pada H-5, tercatat penumpang naik sebanyak 1.785 orang, sementara penumpang turun sebanyak 1.274 orang.

Selain memantau arus mudik di pelabuhan dan bandara, kepolisian setempat melalui personel Polres Lampung Selatan juga melakukan pengamanan arus mudik dan penyekatan angkutan barang.

Hal ini dilakukan untuk menciptakan situasi dan kondisi mudik Lebaran Idulfitri di Lampung agar bisa berjalan aman dan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *