BERITA

PLN Sukses Hadirkan Listrik Hijau, 18 SPKLU Layani 340 Transaksi Pengisian Mobil Listrik di HUT ke-79 RI di IKN

27
×

PLN Sukses Hadirkan Listrik Hijau, 18 SPKLU Layani 340 Transaksi Pengisian Mobil Listrik di HUT ke-79 RI di IKN

Sebarkan artikel ini
Sukses Hadirkan Listrik Hijau, 18 SPKLU PLN Layani 340 Transaksi Pengisian Mobil Listrik HUT ke-79 RI di IKN
Sukses Hadirkan Listrik Hijau, 18 SPKLU PLN Layani 340 Transaksi Pengisian Mobil Listrik HUT ke-79 RI di IKN

Media90 – PT PLN (Persero) berhasil mendukung pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu (17/8/2024).

Selain memastikan keandalan pasokan listrik selama acara berlangsung, PLN juga sukses mendukung operasional kendaraan listrik dengan menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di berbagai titik strategis.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyampaikan bahwa PLN telah menyiapkan 18 unit SPKLU untuk melayani seluruh kendaraan listrik di IKN.

“Sejalan dengan konsep Forest City IKN yang 100 persen menggunakan ekosistem energi ramah lingkungan, PLN telah membangun infrastruktur pendukung kendaraan listrik,” ujar Darmawan Prasodjo.

Hingga 17 Agustus 2024, sebanyak 18 unit SPKLU yang tersebar di tiga lokasi, yaitu Stadion Batakan, Kantor Sekretariat Negara IKN, dan Gardu Hubung sementara, telah melayani lebih dari 340 transaksi pengisian daya dengan total konsumsi energi mencapai 6.568 kilowatt hour (kWh).

Baca Juga:  Ini yang Diungkap Bawaslu: Ribuan TPS Rawan Pemilu, DPT Bermasalah, Hambatan Internet, dan Akses Sulit

SPKLU ini terdiri dari 8 unit Ultra Fast Charging, 4 unit Fast Charging, 3 unit Medium Charging, dan 3 unit SPLU.

Darmawan menjelaskan bahwa transisi energi ini tidak hanya dilakukan pada level strategis, tetapi juga dalam operasional sehari-hari.

Infrastruktur yang dibangun PLN di IKN dirancang untuk mendukung penggunaan kendaraan berbasis energi bersih, yang di masa depan akan menjadi standar bagi seluruh kendaraan di IKN.

Operasional SPKLU ini didukung oleh aplikasi PLN Mobile, yang memungkinkan seluruh layanan dilakukan secara digital dan real-time.

“Seluruh transaksi SPKLU dilakukan secara digital melalui menu electric vehicle pada SuperApp PLN Mobile, sehingga semuanya terkoordinasi dan terpantau dengan baik,” jelas Darmawan.

Baca Juga:  PLN Siapkan 18 SPKLU untuk Layanan Kendaraan Listrik di HUT RI ke-79 IKN

Selain mendukung kendaraan operasional utama pada peringatan HUT ke-79 RI seperti mobil listrik Kantor Sekretariat Negara, bus listrik, mobil listrik Polri, buggy, taksi listrik, dan motor listrik Paspampres, PLN juga memastikan bahwa listrik yang digunakan di IKN sepenuhnya bersumber dari energi baru terbarukan (EBT).

Listrik tersebut disuplai dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) IKN berkapasitas 10 Megawatt (MW), memastikan penggunaan energi bersih dari hulu ke hilir.

“Listrik yang kami suplai adalah listrik hijau dengan teknologi canggih yang sejalan dengan konsep green, smart, dan beautiful,” tambah Darmawan Prasodjo.

Untuk menjaga keandalan pasokan listrik selama perayaan HUT ke-79 RI, PLN menerjunkan 450 personel yang bersiaga 24 jam di titik-titik strategis.

Baca Juga:  Operasi Krakatau Mulai Dilaksanakan di Pringsewu: 11 Pelanggaran yang Bakal Ditindak!

Setiap personel dilengkapi dengan peralatan lengkap dan didukung oleh Command Center yang memantau operasi jaringan secara real-time.

Dengan persiapan matang dari segi pasokan listrik, personel, dan SPKLU, PLN berhasil menyukseskan peringatan HUT ke-79 RI di IKN, menunjukkan komitmen kuat dalam mendukung transisi energi dan keberlanjutan lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *