BERITA

Pesawaran Siapkan Pembangunan Marina Port Demi Mendorong Wisata Bahari

8
×

Pesawaran Siapkan Pembangunan Marina Port Demi Mendorong Wisata Bahari

Sebarkan artikel ini
Pesawaran Siap Bangun Marina Port untuk Kembangkan Pariwisata Bahari
Pesawaran Siap Bangun Marina Port untuk Kembangkan Pariwisata Bahari

Media90 – Kabupaten Pesawaran, yang terkenal dengan potensi pariwisata bahari yang kaya, sedang bersiap membangun Marina Port di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Teluk Pandan.

Proyek ambisius ini diharapkan dapat memperkuat aksesibilitas sekaligus meningkatkan daya tarik wisata di daerah yang dikenal sebagai Bumi Andan Jejama.

Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona, menjelaskan bahwa pembangunan Marina Port adalah langkah strategis untuk mengembangkan potensi pariwisata internasional.

“Dengan adanya marina ini, pariwisata bahari di Pesawaran akan mendapat akses yang lebih baik, sehingga bisa menarik wisatawan mancanegara dan meningkatkan ekonomi lokal,” ungkap Bupati Dendi pada Kamis (5/9/2024).

Rencana pembangunan Marina Port ini telah dibahas dalam pertemuan antara Pemerintah Kabupaten Pesawaran dan Marina Development Indonesia (DMI), yang difasilitasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) secara virtual.

Baca Juga:  Dosen Polinela Meneliti Potensi Rumput Laut Sargassum sebagai Suplemen Kesehatan Ikan

Dalam pertemuan tersebut, Zulkifli Harahap, Direktur Manajemen Investasi Kemenparekraf, menilai bahwa pembangunan marina merupakan kunci utama keberlanjutan pariwisata bahari di Indonesia.

Berdasarkan diskusi itu, Kabupaten Pesawaran dinilai layak menjadi salah satu lokasi prioritas untuk pembangunan marina di Indonesia.

Rencana ini bahkan akan dimasukkan dalam Proyek Strategis Nasional, bersama dengan 30 Marina Port lainnya yang tersebar di berbagai wilayah di tanah air.

Pembangunan Marina Port akan dilakukan dengan skema Business to Business (B to B), di mana investor akan langsung terlibat dalam proses tersebut.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Pesawaran akan menyediakan dukungan berupa infrastruktur dan fasilitas yang menjadi tanggung jawab daerah.

Baca Juga:  Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia, Reza Adha Putra, Raih Prestasi Gemilang sebagai Juara Lomba Voiceover ALSA English Challenge 2023

Dalam kesempatan itu, Joseph, Profesional Marketing dari DMI, menjelaskan bahwa pembangunan Marina Port akan diikuti oleh pengembangan kawasan pendukung lainnya, seperti resort, restoran, kafe, taman hiburan, hotel, sentra UMKM, beach club, dan pusat perbelanjaan.

Pembangunan ini juga akan melibatkan masyarakat lokal sebagai tenant dan tenaga kerja, sehingga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat setempat.

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan ini, Kemenparekraf dan DMI berencana melakukan kunjungan lapangan untuk meninjau lokasi yang akan menjadi bagian dari rencana pembangunan.

“Langkah awal dari pembangunan ini adalah Feasibility Study (FS), yang akan menjadi dasar penentuan timeline pembangunan Marina Port,” jelas Joseph.

Dengan adanya proyek ini, Kabupaten Pesawaran optimis dapat mewujudkan visi besarnya untuk mengembangkan pariwisata bahari berkualitas yang berdampak luas bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *