BERITA

Perjanjian Kerjasama (MoU) Ditandatangani antara IIB Darmajaya-University dan Institut Pendidikan Tinggi Vakinankaratra, Madagaskar

28
×

Perjanjian Kerjasama (MoU) Ditandatangani antara IIB Darmajaya-University dan Institut Pendidikan Tinggi Vakinankaratra, Madagaskar

Sebarkan artikel ini
IIB Darmajaya-University Antsirabe Vakinankaratra Institute of Higher Education, Madagaskar Tandatangani MoU
IIB Darmajaya-University Antsirabe Vakinankaratra Institute of Higher Education, Madagaskar Tandatangani MoU

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Kamis, 27 Juli 2023, Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya dengan bangga melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan University Antsirabe Vakinankaratra Institute of Higher Education, Madagaskar.

Penandatanganan MoU ini merupakan tonggak bersejarah bagi kedua perguruan tinggi, yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dalam berbagai bidang, termasuk teknologi, ekonomi, sosial, dan budaya.

Acara penandatanganan MoU tersebut berlangsung secara daring dan disaksikan oleh Kepala Perwakilan/Kuasa Usaha Tetap RI di Antananarivo, Madagaskar, merangkap Republik Mauritius, Republik Seychelles, dan Uni Komoro, Benny Yan Pieter Siahaan.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut adalah Rektor IIB Darmajaya, Dr. Ir. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc., dan Rector of University Antsirabe Vakinankaratra Institute of Higher Education, Professor Ravelomanana Mamy Raoul.

Dalam sambutannya, Rektor IIB Darmajaya, Dr. Ir. Firmansyah Y. Alfian, mengungkapkan rasa syukur atas terlaksananya penandatanganan kerjasama ini.

Ia menyatakan bahwa untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul, ada banyak aspek penting yang harus dikerjakan oleh IIB Darmajaya, seperti memajukan kurikulum berstandar internasional dan mengembangkan kemampuan dosen serta mahasiswa.

Dengan demikian, perguruan tinggi dapat sesuai dengan sistem pendidikan berstandar internasional dan memenuhi kebutuhan industri global.

Rektor Firmansyah juga menegaskan bahwa IIB Darmajaya tidak akan dapat bekerja sendiri dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.

Oleh karena itu, IIB Darmajaya berusaha merancang kerjasama dengan lembaga pemerintah dan lembaga non-pemerintah, baik itu tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Kerjasama dengan University Antsirabe Vakinankaratra Institute of Higher Education dianggap sebagai langkah strategis oleh Rektor IIB Darmajaya, terutama pada bidang teknologi, ekonomi, sosial, dan budaya melalui program pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Baca Juga:  Peningkatan Pengawasan, Ombudsman Laporkan Penurunan Pelayanan Ibadah Haji Tahun Ini Setelah Mendapat Banyak Keluhan

Ia berharap penandatanganan MoU ini dapat diikuti dengan implementasi yang cepat dan mengapresiasi kehadiran Benny Yan Pieter Siahaan serta berharap dukungan dari KBRI atas kerjasama ini.

Dalam responsnya, Rector of University Antsirabe Vakinankaratra Institute of Higher Education, Professor Ravelomanana Mamy Raoul, menyambut baik kerjasama antar dua perguruan tinggi untuk kemajuan keduanya.

Ia menyatakan terima kasih kepada Duta Besar RI di Antananarivo, Madagaskar, yang telah memberikan dukungan atas kerjasama ini.

Professor Raoul juga menekankan bahwa banyak kerjasama yang dapat diimplementasikan antara kedua perguruan tinggi, terutama dalam bidang pendidikan dan penelitian, meliputi ilmu komputer, pertanian, sosial, politik, kesehatan, dan ilmu ekonomi.

Ia optimis bahwa kerjasama ini akan membawa transfer pengetahuan yang bermanfaat bagi perkembangan kedua universitas.

Selain itu, Benny Yan Pieter Siahaan juga menyatakan kegembiraannya dapat membantu memfasilitasi kolaborasi antara dua perguruan tinggi.

Ia melihat langkah ini sebagai peristiwa besar dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan perguruan tinggi.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik & Riset IIB Darmajaya, RZ Abdul Aziz, menyambut baik kerjasama di bidang pertanian dengan teknologi Internet of Things (IoT) Smart Farming yang saat ini sedang dikembangkan oleh IIB Darmajaya melalui Green House (Rooftop).

Selain itu, ia juga mengungkapkan antusiasmenya atas kolaborasi pengajaran untuk penggunaan bahasa kedua negara.

RZ Abdul Aziz juga berterima kasih atas tawaran dari Kepala Perwakilan RI/Kuasa Usaha Tetap di Antananarivo, Madagaskar, untuk mengajar di sana dan menyatakan kesiapannya untuk segera merealisasikannya.

Baca Juga:  Bupati Lampung Selatan Membagikan Santunan Kematian kepada 16 Ahli Waris Tenaga Harian Lepas Sukarela

Dengan penandatanganan MoU ini, diharapkan kerjasama antara IIB Darmajaya dan University Antsirabe Vakinankaratra Institute of Higher Education dapat segera diimplementasikan dan memberikan manfaat besar bagi kedua perguruan tinggi, masyarakat, dan perkembangan ilmu pengetahuan secara keseluruhan.