BERITA

Perebutan Kursi Kepresidenan Lampung: Prabowo dan Ganjar Saling Sengit di Putaran Pertama, Prabowo Raih Kemenangan Gemilang di Putaran Kedua

196
×

Perebutan Kursi Kepresidenan Lampung: Prabowo dan Ganjar Saling Sengit di Putaran Pertama, Prabowo Raih Kemenangan Gemilang di Putaran Kedua

Sebarkan artikel ini
Pilpres di Lampung, Prabowo Imbang dengan Ganjar Putaran Pertama, Putaran Kedua Prabowo Menang
Pilpres di Lampung, Prabowo Imbang dengan Ganjar Putaran Pertama, Putaran Kedua Prabowo Menang

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada pilpres mendatang, tiga calon presiden yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto akan bertarung memperebutkan kursi kepresidenan.

Berdasarkan temuan survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dilaksanakan pada 19-26 Juni 2023 di Provinsi Lampung, diperkirakan pilpres akan berlangsung dalam dua putaran.

Menariknya, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo menunjukkan kekuatan yang seimbang di putaran pertama, namun Prabowo berhasil meraih kemenangan di putaran kedua apabila berhadapan dengan Ganjar.

Hasil survei menunjukkan selisih dukungan yang cukup signifikan antara keduanya. Prabowo Subianto mendapatkan dukungan sebesar 47,7%, sedangkan Ganjar Pranowo memperoleh 41,8%.

Survei ini melibatkan 810 responden di daerah pemilihan DPR RI Lampung I dan 810 responden di daerah pemilihan DPR RI Lampung II. Sampel survei terdistribusi secara proporsional dan representatif dari berbagai aspek demografi.

Dalam berbagai simulasi yang dilakukan, baik dalam pertanyaan spontan (top of mind) maupun dengan menyebutkan beberapa nama calon, Prabowo dan Ganjar menunjukkan kekuatan yang setara.

Ketika melibatkan empat dan tiga nama calon, keduanya tetap bersaing ketat, dengan perolehan dukungan yang hampir sama.

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, menjelaskan bahwa Prabowo unggul di putaran kedua karena sebagian besar pemilih Anies Baswedan cenderung beralih mendukung Prabowo.

Pemilih Anies banyak yang merupakan pendukung Prabowo pada Pilpres 2019, sehingga kecenderungan untuk mendukung Prabowo di putaran kedua sangat tinggi.

Meskipun selisih antara Prabowo dan Ganjar tipis, tetapi karena selisihnya lebih dari dua kali margin of error (MoE) sebesar 2,5%, kemenangan Prabowo di putaran kedua diperkirakan cukup kuat.

Dalam simulasi tersebut, Prabowo dan Ganjar diprediksi akan melaju ke putaran kedua pilpres.

Temuan survei ini memberikan gambaran penting tentang dinamika politik di Provinsi Lampung dan menegaskan bahwa persaingan antara Prabowo dan Ganjar akan menjadi pertarungan sengit.

Dengan hasil yang menunjukkan keunggulan Prabowo di putaran kedua, perjuangan masing-masing calon akan semakin intens dalam upaya merebut simpati pemilih untuk meraih kursi kepresidenan Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *