BERITA

Perantau Minang di Lampung Kirim Tim Peduli Bencana Sumatera Barat dengan Donasi Rp350 Juta

71
×

Perantau Minang di Lampung Kirim Tim Peduli Bencana Sumatera Barat dengan Donasi Rp350 Juta

Sebarkan artikel ini
Bawa Donasi Rp350 Juta, Perantau Minang di Lampung Kirim Tim Peduli Bencana Sumatera Barat Bantu Korban
Bawa Donasi Rp350 Juta, Perantau Minang di Lampung Kirim Tim Peduli Bencana Sumatera Barat Bantu Korban

Media90 – Perantau asal Minang yang tergabung dalam Keluarga Besar Sumatera Barat (KBSB) Provinsi Lampung telah mengirimkan Tim KBSB Lampung Peduli Bencana Sumatera Barat, membawa bantuan untuk korban bencana.

Pelepasan tim beranggotakan enam personel ini berlangsung di Begadang Resto, milik pituo atau sesepuh warga Minang Lampung Dasril Sutan Bagindo, pada Rabu (29/5/2024) malam.

Rencananya, Tim akan berangkat melalui jalur darat pada Jumat (31/5/2024).

Acara pelepasan tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh, termasuk Ketua KBSB Lampung Afdi Muslim bin Muswardi Taher, Ketua Dewan Pembina Khaidarmansyah, para ketua jurai, para ketua KBSB Kabupaten/kota, Bundo Kanduang, Rang Mudo Minang, serta para mahasiswa asal Sumatera Barat.

Tim Peduli KBSB Lampung untuk Bencana Sumatera Barat dipimpin oleh Andri Taufik Datuak Majo Dirajo.

Dalam laporannya, Andri Taufik menyatakan bahwa KBSB telah membuka donasi dan membentuk Tim Peduli Bencana Sumatera Barat sejak bencana melanda pada 11 Mei 2024. Donasi tersebut akan didistribusikan langsung kepada korban dan ahli waris.

Hingga Rabu (29/5/1014), total dana yang terkumpul mencapai sekitar Rp350 juta. Sumber donasi berasal dari berbagai pihak, antara lain KBSB Kota Metro sebesar Rp80 juta, Lampung Timur Rp31,4 juta, Tulang Bawang Rp3,9 juta, Lampung Utara Rp10,8 juta, Pesawaran Rp3 juta, Lampung Barat Rp2,5 juta, Tanggamus Rp3,4 juta, serta Pesisir Barat sebesar Rp15 juta (termasuk pakaian). Selain itu, Alumni SMP 1 Metro juga menyumbang sebesar Rp10 juta, dan seorang pengusaha hasil bumi asal Minang menyalurkan Rp70 juta.

“Andaikan kita memiliki dana lebih banyak, kita dapat membantu lebih banyak lagi,” kata Andri Taufik.

Berdasarkan kesepakatan pengurus KBSB, setiap korban yang meninggal akan menerima santunan sebesar Rp2,5 juta. Sementara sisanya akan diberikan kepada korban yang rumahnya rusak parah.

Tidak hanya membantu korban banjir di Sumatera Barat, KBSB juga telah menyalurkan bantuan kepada korban bencana alam di Talang Padang, Kabupaten Tanggamus, Lampung, sebesar Rp15 juta.

Sebelumnya, KBSB juga telah memberikan bantuan kepada korban bencana di Kabupaten Pesisir Selatan, Padang, dan Padang Pariaman sebesar Rp109 juta. Bantuan ini diberikan secara langsung kepada masing-masing korban sebesar Rp1 juta.

Ketua KBSB Lampung, Afdi Muslim bin Muswardi Taher, mengatakan bahwa donasi ini merupakan bentuk kepedulian warga Minang di Lampung, yang kini jumlahnya mencapai sekitar 1 juta orang.

“Kami berupaya menyampaikan amanah ini sebaik mungkin kepada korban yang membutuhkan,” ujar Afdi Muslim.

KBSB Lampung adalah organisasi sosial warga Minang di Lampung yang telah berdiri sejak tahun 1964. Organisasi ini memiliki kepengurusan di 15 kabupaten/kota dan terus aktif dalam memberikan bantuan kepada korban bencana di berbagai daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *