BERITA

Optimalkan Potensi Lokal: Pemkab Lampung Selatan Sajikan Temu Bisnis untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Produk Dalam Negeri

221
×

Optimalkan Potensi Lokal: Pemkab Lampung Selatan Sajikan Temu Bisnis untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Produk Dalam Negeri

Sebarkan artikel ini
Tingkatkan UMKM, Pemkab Lampung Selatan Gelar Temu Bisnis Belanja Produk Dalam Negeri
Tingkatkan UMKM, Pemkab Lampung Selatan Gelar Temu Bisnis Belanja Produk Dalam Negeri

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Kamis, 18 Januari 2024, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin, resmi membuka acara business matching atau temu bisnis belanja produk dalam negeri di Aula Rajabasa, Kantor Bupati.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah yang diwakili Analis Kebijakan Madya, Januar Indra, perwakilan Forkopimda, dan jajaran pejabat utama di lingkup Pemkab Lampung Selatan.

Dengan tema “Sukseskan Gerakan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Melalui Transformasi Digital Pengadaan Barang dan Jasa”, kegiatan ini menjadi momentum penting dalam mendukung upaya meningkatkan daya saing UMKM lokal.

Muhammad Harries, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Lampung Selatan, menjelaskan bahwa acara ini diikuti oleh 110 PPK dan pengelola pengadaan dari seluruh perangkat daerah, serta 10 vendor dengan produk bersertifikat TKDN dan terdaftar di website Kementerian Perindustrian RI.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong penggunaan produk dalam negeri melalui transformasi digital pengadaan barang dan pencapaian indeks tata kelola pengadaan,” kata Harries dalam laporannya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Thamrin memberikan apresiasi terhadap business matching ini. Ia berharap bahwa pertemuan temu bisnis ini akan memberikan kontribusi positif dalam memaksimalkan P3DN, sekaligus mendukung para pelaku usaha lokal, perajin, petani, nelayan, dan industri kecil menengah untuk berkembang dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

“Harapannya, melalui pertemuan ini turut memperkuat rantai pasok lokal, menciptakan lapangan kerja baru, dan meningkatkan pendapatan masyarakat,” ujar Thamrin.

Sekretaris Daerah juga berharap agar setiap perangkat daerah dapat menggunakan produk dalam negeri dalam pemenuhan kebutuhan belanjanya.

Ini dianggap sebagai langkah penting dalam mendukung ekonomi pelaku usaha UMKM dan Koperasi.

“Sebagai perangkat daerah, kita mempunyai peran penting dalam memacu penyerapan produk lokal dengan berbagai program dan kebijakan yang dilaksanakan pada pengadaan barang/jasa,” tambah Thamrin.

Thamrin menegaskan bahwa pemerintah daerah akan terus mendorong dan mengoptimalkan P3DN, terutama dalam upaya peningkatan produk lokal melalui penguatan sektor UMKM.

“Mudah-mudahan forum temu bisnis belanja produk dalam negeri ini dapat menjadi afirmasi bagi peningkatan penggunaan dan pengembangan produk lokal yang dihasilkan Industri Kecil Menengah di daerah kita,” pungkas Thamrin dengan harapan besar untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *