BERITA

Merayakan Hari Laut Sedunia, Polairud dan Petambak Adakan Aksi Bersih Pantai di LA Bumi Dipasena Agung

127
×

Merayakan Hari Laut Sedunia, Polairud dan Petambak Adakan Aksi Bersih Pantai di LA Bumi Dipasena Agung

Sebarkan artikel ini
Peringati Hari Laut Sedunia, Polairud dan Petambak Bersihkan Sampah di Pantai LA Bumi Dipasena Agung
Peringati Hari Laut Sedunia, Polairud dan Petambak Bersihkan Sampah di Pantai LA Bumi Dipasena Agung

Media90 – Dalam rangka memperingati Hari Laut Sedunia atau World Ocean Day (WOD) 2024, Satpolairud Polres Tulang Bawang mengadakan kegiatan bersih pantai di Pantai Laut Agung (LA), Kampung Bumi Dipasena Agung, Kecamatan Rawajitu Timur, Kabupaten Tulang Bawang, pada Sabtu (8/6/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan pantai dari sampah plastik, ranting, dan material lainnya yang dapat merusak ekosistem pantai dan laut.

Acara ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk personel Satpolairud Polres Tulang Bawang, pemerintah Kampung Bumi Dipasena Agung, Kelompok Sadar Wisata, Ketua RT/RW, Karang Taruna, perempuan, dan masyarakat petambak Bumi Dipasena Agung.

Kehadiran mereka menunjukkan komitmen bersama untuk menjaga kebersihan pantai dan melestarikan ekosistem laut.

Baca Juga:  Mahasiswa IIB Darmajaya Bersemangat Tingkatkan Kompetensi di DTS VSGA Gelombang 5

Dalam sambutannya, Kasatpolairudres Tulang Bawang, Iptu. Decky Arishon, menyampaikan bahwa kegiatan bersih pantai ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian laut dan lingkungan pesisir.

“Kami berharap dengan kegiatan ini, warga semakin sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan, turut menjaga kelestarian hutan mangrove, dan tidak menggunakan alat tangkap yang merusak,” ujar Iptu Decky.

Sementara itu, Kepala Kampung Bumi Dipasena Agung, Agustiono, mengucapkan terima kasih kepada jajaran Satpolairud Polres Tulang Bawang serta semua pihak yang terlibat dalam kegiatan bersih pantai ini.

“Terima kasih kepada Satpolairud Tuba yang menginisiasi kegiatan ini dan terima kasih juga kepada para pihak yang telah terlibat. Kegiatan ini menjadi penting sebagai upaya bersama menjaga kebersihan pantai dan ekosistem laut untuk kesejahteraan bersama,” kata Agustiono.

Baca Juga:  Serbuan Gajah Mengamuk: Warga Pekon Sedayu Semaka Tanggamus Merana! 6 Hektare Tanaman Hancur!

Di tempat kegiatan, para peserta terlihat antusias mengumpulkan sampah-sampah di sekitar pantai LA, sambil menikmati suasana kebersamaan.

Diharapkan, kegiatan seperti ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat lainnya untuk aktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Hari Laut Sedunia diperingati setiap 8 Juni sejak pengajuan pertama pada 1992 oleh Kanada di Earth Summit Rio de Janeiro, Brasil.

Hari peringatan ini kemudian disahkan oleh PBB pada akhir 2008. Sejak 2003, The Ocean Project mengoordinasikan peringatan ini dengan mengumpulkan para peserta setiap tahun, mengingatkan pentingnya menjaga ekosistem laut demi masa depan yang lebih baik.

Dengan semangat Hari Laut Sedunia, mari kita terus menjaga kebersihan pantai dan laut, serta mendukung upaya pelestarian lingkungan untuk generasi mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *