BERITA

Menyambut Hari Pelanggan Nasional, PLN Lampung dan PMI Bersatu Gelar Aksi Donor Darah

10
×

Menyambut Hari Pelanggan Nasional, PLN Lampung dan PMI Bersatu Gelar Aksi Donor Darah

Sebarkan artikel ini
Jelang Hari Pelanggan Nasional, PLN Lampung dan PMI Kolaborasi Gelar Donor Darah
Jelang Hari Pelanggan Nasional, PLN Lampung dan PMI Kolaborasi Gelar Donor Darah

Media90 – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Lampung, bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), mengadakan kegiatan donor darah pada Selasa, 27 Agustus 2024, di Kantor PLN UID Lampung.

Kegiatan kemanusiaan ini melibatkan puluhan pegawai dan Tenaga Alih Daya (TAD) PLN UID Lampung, dengan tujuan meningkatkan kepedulian terhadap sesama serta membantu PMI dalam memenuhi ketersediaan darah di wilayah Bandar Lampung.

Donor darah ini bukanlah hal baru bagi PLN UID Lampung, melainkan bagian dari kegiatan rutin yang dilakukan setiap 2 hingga 3 bulan sekali.

Komitmen PLN sebagai perusahaan BUMN yang berwawasan lingkungan terlihat dari pelaksanaan kegiatan sosial ini, yang secara konsisten diadakan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat.

Manajer Komunikasi dan TJSL PLN UID Lampung, Darma Saputra, turut menjadi peserta dalam kegiatan donor darah ini.

Baca Juga:  Upacara HUT ke-79 RI: Rektor Unila Berikan Penghargaan kepada Mahasiswa Berprestasi

Ia mengungkapkan rasa bangganya terhadap PLN yang secara rutin menyelenggarakan kegiatan kemanusiaan ini.

“PLN dan PMI rutin melaksanakan kegiatan donor darah setiap 2 atau 3 bulan sekali, yang ditargetkan kepada seluruh pegawai serta TAD. Saya harap kegiatan ini terus dilakukan secara rutin dan menjadi kegiatan wajib di PLN UID Lampung,” ujar Darma.

Senada dengan Darma, Fisba Asfinaha, pegawai PLN UID Lampung yang juga menjadi pendonor, mengungkapkan bahwa donor darah adalah bukti bahwa dirinya dalam keadaan sehat dan sebuah kegiatan yang memberi kepuasan tersendiri karena bisa bermanfaat untuk sesama.

“Berdasarkan database dari PMI, ini donor yang ke-30, saya selalu mengikuti kegiatan donor darah yang diselenggarakan PLN dan PMI. Kegiatan ini sangat positif, karena kita berkesempatan untuk berbagi manfaat kepada sesama. Harapannya, semoga kegiatan ini bisa konsisten,” kata Fisba.

Kepala Bagian Pengolahan Darah PMI Bandar Lampung, Abdullah Mukhsinin, menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif PLN UID Lampung dalam menyelenggarakan kegiatan donor darah ini.

Baca Juga:  Operasi Terbaru KPK: Dua Tersangka Korupsi Beras Bansos Ditangkap, Negara Merugi Rp127,5 Miliar

Ia menekankan pentingnya dukungan dari berbagai instansi untuk memastikan ketersediaan darah siap donor, khususnya di Bandar Lampung.

“Kegiatan donor darah di PLN UID Lampung ini rutin dilakukan, semoga kolaborasi seperti ini dapat terus terjalin lebih baik lagi, sehingga segenap pegawai dan seluruh TAD di PLN juga dapat berkesempatan untuk saling membantu sesama dalam kegiatan kemanusiaan kepada masyarakat yang membutuhkan darah,” ungkap Abdullah.

Selain itu, Abdullah juga memberikan beberapa tips bagi calon pendonor sebelum melakukan donor darah, antara lain:

  1. Tubuh harus dalam kondisi sehat dan fit.
  2. Istirahat cukup, lebih dari 4 jam.
  3. Makan makanan yang bergizi.
  4. Bagi pendonor perempuan, tidak dalam kondisi hamil atau menstruasi.
  5. Pendonor tidak sedang mengonsumsi obat-obatan.
  6. Lebih dari 60 hari sejak donor sebelumnya.
  7. Usia pendonor mulai 17 hingga 60 tahun.
Baca Juga:  PLN Berperan Kunci dalam Kelancaran Pemilu 2024: Pasokan Listrik Handal Mendukung Proses Coblosan yang Aman

Dengan diadakannya kegiatan donor darah ini, PLN UID Lampung tidak hanya menunjukkan kepedulian sosialnya, tetapi juga memperkuat sinergi dengan PMI untuk mendukung masyarakat yang membutuhkan bantuan darah.

Kegiatan ini menjadi bukti nyata bahwa semangat gotong royong dan kepedulian terhadap sesama masih terjaga dengan baik di kalangan pegawai dan TAD PLN UID Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *