BERITA

Menuju Sukses Wisuda: IIB Darmajaya Optimalisasi Softskill dan Simulasi Mockup Interview bersama Perusahaan Terkemuka Nasional

181
×

Menuju Sukses Wisuda: IIB Darmajaya Optimalisasi Softskill dan Simulasi Mockup Interview bersama Perusahaan Terkemuka Nasional

Sebarkan artikel ini
IIB Darmajaya Bekali Calon Wisudawanti Softskill Hingga Mockup Interview dengan Perusahaan Terkemuka Nasional
IIB Darmajaya Bekali Calon Wisudawanti Softskill Hingga Mockup Interview dengan Perusahaan Terkemuka Nasional

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada tanggal 25 hingga 27 Juli 2023, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Inkubitek, Career Center & Alumni (ICCA) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar acara pelatihan softskill dan mockup interview di Aula Lantai III Gedung Alfian Husin.

Acara ini diikuti oleh 326 calon wisudawan/ti yang ingin mempersiapkan diri mereka untuk memasuki dunia kerja.

Pelatihan softskill dibagi menjadi dua sesi, dengan sesi pertama dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2023. Sebanyak 161 calon wisudawan/ti mengikuti sesi ini, yang disambut dengan antusias.

Pelatihan ini diberikan oleh pemateri dari perusahaan terkemuka Nasional dan Multinasional.

Narasumber sesi pertama termasuk Branch Manager Auto2000 Rajabasa, Helmi Yansyah; Learning & Capability and Industrial Relations PT Nestle Indonesia, Annisa Ayu Permata; serta Assistant Vice President Business Support Bank Mandiri, Edward Hermansyah.

Materi yang disampaikan pada sesi pertama mencakup topik seperti Growth Mindset & Leadership Skill, ATS Friendly, dan Interview.

Hari kedua, 26 Juli 2023, pelatihan dilanjutkan dengan diikuti oleh 165 peserta. Pelatihan tersebut dipandu oleh narasumber berkompeten di bidangnya, termasuk People Partner & Recruitment Dept Head PT Great Giant Pineapple, Daisy Metria, S.Psi.; Branch Manager KC Lampung PT Bank Mega Syariah, Putri Rosmala Dewi, S.Pt., S.E., S.H., M.M.; dan HR–GA PT Hokkan Deltapack Industri Lampung, Amilia Rahestri, S.E.

Pada sesi kedua ini, peserta diberikan informasi lebih lanjut tentang cara membuat CV yang baik dan menarik, serta tips dan trik dalam menghadapi tahapan seleksi interview kerja.

Dari hasil wawancara dengan beberapa peserta, terlihat antusiasme mereka terhadap acara pelatihan ini.

Jeri Nugraha, mahasiswa Prodi Manajemen, menyatakan bahwa pelatihan softskill yang diselenggarakan oleh IIB Darmajaya memberikan bantuan besar bagi calon lulusan seperti dirinya untuk lebih memahami trik-trik dalam menarik perhatian pemberi lowongan kerja.

Dia berharap agar ke depannya lebih banyak diadakan pelatihan langsung semacam ini dari para ahli di industri.

Vandewi Lefa Putri Larasati, mahasiswa Prodi Akuntansi, juga menyambut baik acara ini.

Baginya, pelatihan softskill adalah sarana yang penting untuk memberikan gambaran dan pembelajaran bagi mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja dan proses lamaran kerja setelah berkuliah nanti.

Dia juga merasa terbantu dengan tips dan trik yang diberikan, terutama dalam menjawab pertanyaan dan memberikan pernyataan saat menghadapi interview kerja.

Muhammad Royan Fauzi Maulana, mahasiswa Prodi Sistem Informasi, mengungkapkan bahwa pelatihan ini memberikan wawasan yang sangat bermanfaat untuk persiapan karir di masa depan.

Salah satu hal yang dia pelajari adalah tentang cara lolos seleksi interview dengan metode star, yang memungkinkannya untuk tampil sebagai talenta berkaliber tinggi di hadapan interviewer.

Baginya, pelatihan ini merupakan tambahan nilai bagi para lulusan.

Sebelumnya, Wakil Rektor 3 IIB Darmajaya, Muprihan Thaib, S.Sos., M.M., menekankan pentingnya pelatihan softskill sebagai persiapan calon lulusan untuk bersaing dalam pasar kerja.

Ia mengingatkan bahwa tidak hanya kemampuan akademik yang diperlukan, tetapi juga kemampuan softskill untuk menciptakan kesan pertama yang baik kepada perusahaan atau instansi saat menghadapi interview.

Acara pelatihan softskill dan mockup interview ini berlangsung dengan sukses, memberikan manfaat bagi para peserta dalam mengasah kompetensi mereka untuk menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif.

Semoga dengan adanya acara seperti ini, calon wisudawan/ti IIB Darmajaya semakin siap dan percaya diri dalam menghadapi tantangan karir di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *