BERITA

Melalui Ajang Even Electrin Run, PLN Ajak Masyarakat Dukung Program Pengurangan Emisi Karbon

49
×

Melalui Ajang Even Electrin Run, PLN Ajak Masyarakat Dukung Program Pengurangan Emisi Karbon

Sebarkan artikel ini
Lewat Even Electrin Run, PLN Kampanyekan Reduksi Emisi Karbon ke Masyarakat
Lewat Even Electrin Run, PLN Kampanyekan Reduksi Emisi Karbon ke Masyarakat

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – PT PLN (Persero) telah sukses menyelenggarakan PLN Electric Run 2023 yang diikuti oleh 5.000 pelari di Scientia Square Park, Serpong, Tangerang pada Minggu (10/12/2023).

Even lari nasional ini tidak hanya menjadi ajang olahraga, tetapi juga kesempatan bagi PLN untuk mengajak peserta serta masyarakat secara umum untuk merayakan semangat ramah lingkungan.

Melalui partisipasi mereka, berhasil tercapai pengurangan emisi karbon sebanyak 11.880 Kg karbon dioksida.

Flag off dimulai dari titik start dan finish di Race Village PLN Electric Run 2023 di Scientia Square Park, Serpong.

Pelari dibagi berdasarkan kategori jarak, dimulai dari pukul 05.00 WIB dan dilepas oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, Wakil Komisaris Utama PLN Suahasil Nazara, serta jajaran Komisaris dan Direksi PLN.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, menjelaskan bahwa PLN Electric Run 2023 dengan tema ‘Running the New Spirit’ menjadi wadah bagi perseroan untuk mengajak masyarakat aktif berpartisipasi dalam upaya pengurangan emisi karbon.

Hal ini sejalan dengan komitmen PLN untuk menjaga lingkungan dan memitigasi dampak perubahan iklim.

“Dengan berlari ini, nantinya ada pengurangan emisi gas rumah kaca dibandingkan menggunakan kendaraan berbasis BBM. Kami lakukan ini untuk memastikan generasi yang mendatang lebih baik dari generasi saat ini,” kata Darmawan Prasodjo.

Pengurangan emisi melalui PLN Electric Run 2023 terjadi karena berlari merupakan mobilitas tanpa emisi, dibandingkan menggunakan kendaraan berbasis BBM yang menghasilkan emisi 2,4 kg CO2 per 10 Km.

Dengan total jarak yang ditempuh dan diikuti oleh 5.000 pelari, berhasil mengurangi emisi sekitar 11.880 Kg CO2.

Selain pengurangan emisi, PLN juga berkontribusi kepada masyarakat pra sejahtera melalui even ini.

Jarak lari dan penghematan BBM yang dikumpulkan oleh peserta diubah menjadi biaya bantuan penyambungan listrik baru bagi masyarakat pra sejahtera.

Darmawan menyatakan, “Jadi dapat dua sekaligus, konsep ramah lingkungan untuk menekan emisi karbon, juga untuk berbagi berupa biaya sambungan listrik untuk masyarakat pra sejahtera.”

Diharapkan event ini dapat membangun kesadaran para pelari untuk ikut serta dalam menjaga bumi dengan mengurangi emisi karbon.

PLN memiliki komitmen untuk mencapai target net zero emissions pada 2060 atau lebih cepat, dan antusiasme peserta di PLN Electric Run 2023 menjadi dorongan besar.

PLN Electric Run 2023 diharapkan juga menjadi inspirasi bagi para atlet Indonesia untuk meraih prestasi di tingkat nasional hingga global, dengan kategori lari yang terbagi menjadi 5K, 10K, dan Half Marathon.

“Ini adalah spirit yang baru, tentu saja ini adalah awal yang baik PLN Electric Run 2023 akan diikuti PLN Electric Run 2024, 2025 dan tentu saja skalanya akan menjadi lebih besar lagi,” tambah Darmawan.

Even ini menawarkan total hadiah fantastis senilai Rp850 juta, dengan Rikki Marthin Simbolon dan Odekta Elvina Naibaho sebagai juara pertama kategori Male dan Female Nasional Half Marathon.

Sementara Syamsuddin Massa dan Asnida Aras meraih juara di kategori 10 Km, dan Immanuel P. Hutasoit dan Novita Andriyani menjadi juara di kategori 5 Km.

Selain itu, pelari memiliki kesempatan untuk memenangkan hadiah menarik seperti mobil listrik dan sepeda listrik melalui lucky draw.

Acara ditutup dengan penampilan musisi Maliq & D’essentials, memberikan hiburan kepada pelari dan hadirin yang berada di race village.