BERITA

Kunjungan Direktorat SDM Kementerian Pendidikan Nasional Madagaskar ke IIB Darmajaya

0
×

Kunjungan Direktorat SDM Kementerian Pendidikan Nasional Madagaskar ke IIB Darmajaya

Sebarkan artikel ini
Direktorat SDM Kementerian Pendidikan Nasional Madagaskar Kunjungan ke IIB Darmajaya
Direktorat SDM Kementerian Pendidikan Nasional Madagaskar Kunjungan ke IIB Darmajaya

Media90 – Pada Senin, 29 Juli 2024, Direktorat Sumber Daya Manusia Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional Republik Madagaskar melakukan kunjungan resmi dan studi banding ke Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya.

Kunjungan ini dipimpin oleh Direktur SDM, Jeremia Angelie, dan disambut langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik IIB Darmajaya, Dr. Sutedi, S.Kom., M.T.I., bersama Wakil Rektor Bidang Nonakademik Muprihan Thaib, S.Sos., M.M.

Diskusi dimulai dengan sambutan dari Chief Kabinet, Chan Ki Kiong Alain, yang membuka pertemuan dengan tujuan utama untuk memahami proses pengelolaan sumber daya manusia di Indonesia, terutama di tingkat sekolah dan perguruan tinggi.

“Kami ingin mengetahui lebih dalam mengenai proses SDM yang diterapkan di sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia,” ujar Chan Ki Kiong Alain.

Baca Juga:  Meriahnya Puncak HUT Pesawaran ke-16 dengan Kehadiran Artis Nasional yang Menghibur!

Ia juga menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh IIB Darmajaya.

Chan Ki Kiong Alain menambahkan, informasi mengenai proses perekrutan tenaga pengajar akan menjadi bahan pertimbangan bagi Direktorat SDM untuk dilaporkan kepada Menteri Pendidikan Nasional Madagaskar.

Selain itu, ia juga menanyakan tentang prosedur bagi mahasiswa Madagaskar yang ingin melanjutkan studi di IIB Darmajaya serta kemungkinan beasiswa yang tersedia.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik IIB Darmajaya, Dr. Sutedi, S.Kom., M.T.I., mengucapkan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan.

Ia menjelaskan bahwa IIB Darmajaya menyediakan beasiswa bagi mahasiswa asing untuk program S1 dan S2 setiap tahunnya.

“Kami juga siap untuk membantu dalam pelatihan bagi tenaga pengajar dan dosen dari Madagaskar,” tuturnya, menunjukkan komitmen IIB Darmajaya dalam kerjasama internasional.

Baca Juga:  Menorehkan Jejak Inovasi: Enam Dosen Polinela Raih Pendanaan BOPTN 2024 dengan Dedikasi yang Menginspirasi

Selama kunjungan, presentasi juga dilakukan oleh Kepala SMA TMI, Tri Puji Astuti, yang membagikan pengalaman dan metode pembelajaran di SMA TMI yang sangat menginspirasi delegasi dari Madagaskar.

Rahmalia Syahputri, Kepala UPT International Office IIB Darmajaya, menyampaikan bahwa institusinya mendukung penuh kerjasama dalam peningkatan kualitas SDM.

“Tahun ini, kami menerima empat mahasiswa dari Madagaskar, terdiri dari tiga orang untuk belajar bahasa dan budaya melalui beasiswa Darmasiswa Pemerintah Indonesia dan satu orang untuk kuliah sarjana dengan pembiayaan penuh dari IIB Darmajaya melalui program International Degree Scholarship,” tutupnya.

Kunjungan ini merupakan langkah awal yang positif dalam membangun hubungan pendidikan antara Republik Madagaskar dan IIB Darmajaya, membuka peluang untuk kerjasama yang lebih erat di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *