BERITA

Korsleting Listrik Picu Kebakaran Hebat di Pulau Panggung Tanggamus, Kerugian Capai Rp120 Juta

69
×

Korsleting Listrik Picu Kebakaran Hebat di Pulau Panggung Tanggamus, Kerugian Capai Rp120 Juta

Sebarkan artikel ini
Korsleting Listrik, Rumah dan Isinya Ludes Terbakar di Pulau Panggung Tanggamus, Kerugian Rp120 Juta
Korsleting Listrik, Rumah dan Isinya Ludes Terbakar di Pulau Panggung Tanggamus, Kerugian Rp120 Juta

Media90 – Peristiwa kebakaran melanda Dusun Tanjung Begelung, Pekon Tanjung Begelung, Kecamatan Pulau Panggung, Kabupaten Tanggamus, dini hari tadi, Selasa (16/7/2024).

Kebakaran yang diduga kuat akibat korsleting listrik ini menyebabkan satu rumah habis dilalap Si Jago Merah.

Meski tidak ada korban jiwa, kerugian material yang ditimbulkan cukup signifikan sebab rumah korban Sudirmanto (56) berikut barang elektronik dan surat berharga ludes terbakar.

Kapolsek Pulau Panggung, AKP Rahadi, mengungkapkan bahwa pihaknya menerima laporan kebakaran tersebut dari Bhabinkamtibmas sekitar pukul 04.00 WIB.

“Pada pukul 05.30 WIB, kami mendapat laporan bahwa telah terjadi kebakaran rumah di Dusun Tanjung Begelung. Tim segera dikerahkan untuk membantu memadamkan api dan melakukan identifikasi,” kata AKP Rahadi mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Rinaldo Aser.

Baca Juga:  Persiapan Matang: KPU Tulang Bawang Barat Siap Menggelar Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati

Kapolsek menjelaskan, saat kebakaran terjadi, Sudirmanto bersama istrinya sedang tertidur lelap.

Mereka terbangun ketika api menyala di kamar depan dan dengan cepat menyebar ke seluruh rumah yang sebagian besar terbuat dari papan. Korban segera berteriak meminta pertolongan.

Teriakan tersebut didengar oleh tetangga mereka, Darmidi (60) yang segera bergegas membantu bersama warga setempat.

“Berkat bantuan dari tetangga lainnya, api berhasil dipadamkan sebelum menjalar ke rumah-rumah sekitar,” jelas AKP Rahadi.

Meski demikian, seluruh barang-barang milik Sudirmanto hangus terbakar. “Tidak ada yang bisa diselamatkan. Semua barang-barang kami habis terbakar,” ujar Sudirmanto dengan wajah sedih.

AKP Rahadi menyebut, rumah korban terbakar terbuat dari kayu dengan ukuran 6×12 meter termasuk, televisi 29 inci, dua unit sepeda motor, sertifikat tanah, dokumen-dokumen seperti KK, KTP dan BPKB serta surat penting lainnya. “Total kerugian diperkirakan mencapai Rp120 juta,” ujar AKP Rahadi.

Baca Juga:  Demokrat Usung Bambang - M. Rafieq, Siap Tantang Petahana dalam Pemilihan Wali Kota Metro

Berdasarkan hasil penyelidikan, dugaan sementara kebakaran mengarah pada korsleting listrik di bagian kamar depan rumah korban.

Peristiwa kebakaran ini mengingatkan kita akan pentingnya kewaspadaan terhadap potensi bahaya korsleting listrik.

“Masyarakat diharapkan selalu memastikan instalasi listrik di rumah dalam kondisi baik dan segera memperbaiki jika ditemukan kerusakan,” ujar AKP Rahadi.

Peristiwa ini menjadi pelajaran berharga bagi masyarakat untuk lebih waspada dan menjaga kondisi instalasi listrik di rumah masing-masing. Kejadian yang tidak diinginkan seperti ini dapat dicegah dengan tindakan pencegahan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *