BERITA

Kolaborasi Telkom University dan Darmajaya: Menyelami Riset Besar pada Masjid Terapung

7
×

Kolaborasi Telkom University dan Darmajaya: Menyelami Riset Besar pada Masjid Terapung

Sebarkan artikel ini
Kolaborasi Telkom University dan Darmajaya! Masjid Terapung Jadi Fokus Riset Besar
Kolaborasi Telkom University dan Darmajaya! Masjid Terapung Jadi Fokus Riset Besar

Media90 – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Lampung semakin memperkuat kolaborasinya dengan Telkom University, Bandung, dalam rangka implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Kunjungan pihak Telkom University pada Jumat (6/9/2024) menjadi momentum penting untuk membahas langkah strategis dari kolaborasi dua perguruan tinggi tersebut.

Pertemuan berlangsung di Ruang Rapat Rektor Lantai II IIB Darmajaya dengan suasana hangat dan penuh kekeluargaan.

Dalam pertemuan yang dilanjutkan dengan diskusi ini, hadir Kepala Bagian Pengembangan Akademik (BPA) Telkom University, Muhammad Al Makky, M.T.; Kaur Pengembangan Mata Kuliah Luar Prodi dan Rekognisi Pembelajaran Lampau, Muhammad Hablul Barri, M.T., serta Rahmat Panji Wirayudha, M.Ds., alumni Telkom University asal Lampung.

Kunjungan rombongan Telkom University diterima langsung oleh Wakil Rektor Akademik IIB Darmajaya, Dr. Sutedi, S.Kom., M.T.I., bersama jajaran pimpinan kampus lainnya, termasuk Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Dr. M. Said Hasibuan, M.Kom., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Aswin, S.E., M.M., Dekan Fakultas Desain, Hukum, dan Pariwisata, Dr. Handoyo Widi Nugroho, M.T.I., Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Dr. Sri Lestari, S.Kom., M.Cs., serta Direktur MBKM, Dr. Ir. Kurnia Muludi, M.S.Sc.

Baca Juga:  Merayakan Hari Laut Sedunia, Polairud dan Petambak Adakan Aksi Bersih Pantai di LA Bumi Dipasena Agung

Muhammad Al Makky mengungkapkan bahwa sebanyak enam mahasiswa dari Telkom University akan berpartisipasi dalam program kolaborasi MBKM ini, yaitu tiga dari Program Studi Kriya Tekstil dan Fashion, dua dari Desain Komunikasi Visual (DKV), dan satu dari Teknik Elektro. Mereka akan bekerja sama dengan mahasiswa IIB Darmajaya dalam penelitian di Lampung.

Penelitian ini akan difokuskan pada salah satu ikon wisata religi di Lampung, Masjid Terapung Al Aminah di Pantai Sari Ringgung.

Masjid ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga menawarkan pemandangan alam yang indah, menjadikannya destinasi wisata religi yang menarik.

“Kami melihat Masjid Terapung ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan lebih lanjut, terutama dalam hal branding. Namun, aset pariwisata religi ini belum sepenuhnya dimanfaatkan.

Melalui penelitian ini, kami berharap dapat membantu meningkatkan daya tarik masjid ini dan sekaligus mendukung pengembangan ekonomi lokal,” ujar Al Makky seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.

Baca Juga:  Masyarakat Bumi Dipasana Agung Tulang Bawang Tetap Komitmen Cegah Stunting dengan Gelar KISPS di Hari Libur

Penelitian yang akan dilakukan oleh mahasiswa Telkom University dan mahasiswa IIB Darmajaya mencakup beberapa bidang, yaitu Kriya Tekstil dan Fashion, Desain Komunikasi Visual (DKV), serta Teknik Elektro dan IT.

Harapannya, hasil dari penelitian ini akan melahirkan luaran konkret seperti publikasi ilmiah di jurnal SINTA, produk pengabdian kepada masyarakat, serta menjadi kajian awal untuk penelitian yang lebih mendalam.

Wakil Rektor Akademik IIB Darmajaya, Dr. Sutedi, S.Kom., M.T.I. mengatakan bahwa sinergi antara Telkom University dan IIB Darmajaya adalah bukti nyata dari komitmen kedua universitas dalam mengembangkan akademik berbasis riset dan inovasi.

Kolaborasi ini juga sejalan dengan tujuan program MBKM, yang memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengeksplorasi berbagai disiplin ilmu di luar kampus mereka.

Baca Juga:  Mabuk Keras Menanti Konfrontasi: Polsek Sukarame Berhasil Mengamankan Dua Siswa Way Halim dalam Aksi Tawuran

“Dengan kolaborasi ini, kami berharap muncul inovasi-inovasi baru yang tidak hanya akan mengembangkan potensi mahasiswa, tetapi juga memberikan dampak positif bagi pariwisata Lampung dan masyarakat sekitarnya,” pungkasnya.

Untuk pendaftaran mahasiswa baru, kunjungi laman pmb.darmajaya.ac.id atau hubungi narahubung selama 24 jam di 08117972244 atau 082306097566.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *