BERITA

Kolaborasi Inovatif: SiMoniK dan Dinas Koperasi UKM Pesawaran Gandeng IIB Darmajaya untuk Pengembangan GIS UMKM

130
×

Kolaborasi Inovatif: SiMoniK dan Dinas Koperasi UKM Pesawaran Gandeng IIB Darmajaya untuk Pengembangan GIS UMKM

Sebarkan artikel ini
SiMoniK, Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Pesawaran akan Buat GIS UMKM bersama IIB Darmajaya
SiMoniK, Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Pesawaran akan Buat GIS UMKM bersama IIB Darmajaya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah (UKM), dan Tenaga Kerja Kabupaten Pesawaran berencana untuk memperkuat kerjasama mereka dalam pembuatan Geographic Information System (GIS) untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Rencana ini diungkapkan dalam kunjungan resmi perwakilan Dinas Koperasi, UKM, dan Tenaga Kerja, Adi Prasetia, S.T., M.Si., ke Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya pada Selasa, 16 Januari 2024.

Pada kunjungannya, Adi Prasetia menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan sebelumnya dalam pengembangan SiMoniK (Sistem Informasi Monitoring Kinerja UMKM).

Diharapkan SiMoniK dapat terus ditingkatkan untuk memberikan manfaat yang lebih besar bagi UMKM.

“Kami berharap untuk terus bersinergi dalam pembuatan website GIS UMKM yang akan memberikan informasi lebih komprehensif, termasuk nama usaha, lokasi, dan produk yang dihasilkan,” ujar Adi Prasetia.

Dalam wawancara, Adi Prasetia juga menjelaskan bahwa website GIS UMKM ini akan terhubung dengan laman utama Kabupaten Pesawaran.

Rencananya, pemilihan 10 UMKM akan dilakukan per desa, dan data yang terkumpul akan mencakup informasi lokasi dengan penandaan titik yang jelas.

Kepala Lembaga Penelitian, Pengabdian Masyarakat (LP2M) IIB Darmajaya, Dr. Sri Lestari, S.Kom., M.Cs., menyambut baik usulan yang diajukan oleh Dinas Koperasi, UKM, dan Tenaga Kerja.

Dia menyatakan bahwa usulan tersebut akan dianalisis lebih lanjut dan dapat dijadikan bahan penelitian dengan mengajukan proposal untuk mendapatkan hibah.

Sri Lestari juga menekankan pentingnya kelanjutan pengelolaan SiMoniK oleh Pemerintah Kabupaten Pesawaran setelah proyek berakhir.

Dengan hal ini, diharapkan pertumbuhan UMKM di Kabupaten Pesawaran dapat terus dipantau dan dikelola dengan efektif.

Turut hadir dalam kunjungan ini adalah Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis IIB Darmajaya, Aswin, S.E., M.M., serta beberapa dosen prodi Teknik Informatika seperti Yulmaini, S.Kom., M.Cs., dan Sulyono, S.Kom., M.T.I.

Semua pihak berharap kolaborasi ini dapat memberikan dampak positif dalam mendukung perkembangan UMKM di Kabupaten Pesawaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *