BERITA

Kegiatan IIB Darmajaya: 346 Mahasiswa Beraksi dengan Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat di Pesawaran

185
×

Kegiatan IIB Darmajaya: 346 Mahasiswa Beraksi dengan Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat di Pesawaran

Sebarkan artikel ini
IIB Darmajaya Kirim 346 Mahasiswa Jalani Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat di Pesawaran
IIB Darmajaya Kirim 346 Mahasiswa Jalani Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat di Pesawaran

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya telah mengirimkan sebanyak 346 mahasiswa untuk menjalani Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) dalam tahun ajaran 2022-2023.

Kegiatan berlangsung mulai tanggal 2 hingga 31 Agustus 2023 di tujuh kecamatan yang ada di Kabupaten Pesawaran, dengan tujuan utama meningkatkan ekonomi desa dan menciptakan masyarakat yang unggul dan tangguh.

Acara pelepasan peserta PKPM dilakukan dengan penuh semangat oleh Wakil Rektor III IIB Darmajaya, Muprihan Thaib, S.Sos., M.M., di Lapangan Basket kampus pada Rabu (2/7/2023).

Pemerintah Kabupaten Pesawaran menyambut baik kedatangan peserta PKPM dan menyelenggarakan acara di Aula Djunjungan untuk memberikan sambutan resmi.

Menurut Ketua Panitia PKPM, Rionaldi Ali, S.Kom., M.T.I., kegiatan ini akan melibatkan 46 desa yang tersebar di tujuh kecamatan, yaitu Padang Cermin, Teluk Pandan, Way Ratai, Marga Punduh, Way Khilau, Tegineneng, dan Negeri Katon.

Setiap desa akan membentuk kelompok dengan total ada 51 kelompok yang terlibat dalam kegiatan ini.

Mahasiswa yang terlibat berasal dari tujuh Program Studi (Prodi) di IIB Darmajaya, yaitu Manajemen, Akuntansi, Bisnis Digital, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Desain Komunikasi Visual, dan Sistem Komputer.

Mereka telah mendapatkan pembekalan dan pelatihan sebelumnya untuk mempersiapkan diri menghadapi tugas mulia dalam membantu program pembangunan di desa-desa Pesawaran.

Wakil Rektor III IIB Darmajaya, Muprihan Thaib, memberikan pesan kepada mahasiswa agar pelaksanaan PKPM berjalan lancar dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat desa.

Ia juga menekankan pentingnya menjaga nama baik kampus selama pelaksanaan PKPM dan berharap mahasiswa dapat beradaptasi dengan adat istiadat setempat serta bekerja secara sinergi bersama aparatur desa dan masyarakat setempat.

Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Pesawaran, Muhammad Alhusnuriski, mengapresiasi kegiatan PKPM yang dilakukan oleh IIB Darmajaya.

Menurutnya, kolaborasi antara institusi pendidikan dan pemerintah daerah ini sejalan dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Pesawaran dalam memajukan daerahnya.

Pelatihan dan pembekalan yang diberikan oleh mahasiswa IIB Darmajaya di berbagai bidang, seperti sistem digital, laporan keuangan, dan legalitas usaha, diharapkan dapat memberikan dampak positif dan meningkatkan kapasitas aparatur desa serta memajukan pembangunan di Pesawaran.

Pemkab Pesawaran berharap, ilmu yang didapatkan oleh para mahasiswa dalam kegiatan PKPM dapat ditransfer secara maksimal kepada masyarakat desa dan aparatur desa.

Dengan adanya pemberdayaan masyarakat ini, diharapkan setelah transfer ilmu dilakukan, masyarakat akan mampu mengaplikasikan pengetahuan dengan baik dan berdampak positif bagi perkembangan desa.

Semoga kerjasama ini menjadi langkah awal yang berkelanjutan untuk mencapai kemajuan yang lebih baik bagi Kabupaten Pesawaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *