BERITA

Karya Mahasiswa Teknik Mesin UBL, Kursi Roda Transfer Pasien, Berhasil Masuk Final Lomba LNT-RBM Nasional

16
×

Karya Mahasiswa Teknik Mesin UBL, Kursi Roda Transfer Pasien, Berhasil Masuk Final Lomba LNT-RBM Nasional

Sebarkan artikel ini
Kursi Roda Transfer Pasien Karya Mahasiswa Teknik Mesin UBL Lolos Final Lomba LNT-RBM Tingkat Nasional
Kursi Roda Transfer Pasien Karya Mahasiswa Teknik Mesin UBL Lolos Final Lomba LNT-RBM Tingkat Nasional

Media90 – Kursi roda transfer pasien yang dirancang oleh mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Universitas Bandar Lampung (UBL) berhasil menembus babak final dalam ajang Lomba Nasional Tahunan Rancang Bangun Mesin (LNT-RBM) XIII Tingkat Nasional 2024.

Inovasi ini merupakan hasil kerja tim yang terdiri dari Abdul Rohim Nawawi, Made Ngurah Arya Nanda P., dan Mingli Pradani Putra, dengan bimbingan dosen mereka, Muhammad Riza, Ph.D.

“Alhamdulillah, kami berhasil lolos dalam ajang Lomba Nasional Tahunan Rancang Bangun Mesin (LNT-RBM) XIII,” ungkap Abdul Rohim Nawawi, Ketua Tim Teknik Mesin UBL, dalam keterangan persnya pada Selasa (24/9/2024).

Abdul Rohim menjelaskan bahwa inovasi ini diciptakan untuk mempermudah mobilitas orang tua dan penyandang disabilitas, yang sering mengalami kesulitan dalam proses pemindahan dari tempat tidur ke kursi roda atau sebaliknya.

Baca Juga:  Optimalisasi Manajemen Risiko dalam Proses Bisnis Perguruan Tinggi Negeri oleh SPI Unila

Dengan memanfaatkan teknologi elektrik actuator putter, kursi roda transfer pasien ini dirancang untuk menyesuaikan ketinggian secara otomatis, sehingga lebih nyaman digunakan.

“Kursi transfer ini memungkinkan penyesuaian ketinggian antara tempat tidur dan toilet, sebuah fitur yang tidak ada pada kursi roda biasa,” jelas Rohim.

Tim berharap karya ini dapat mengatasi kesulitan yang dialami pasien di rumah sakit selama proses pemindahan.

Lomba LNT-RBM, yang diselenggarakan oleh Badan Kerjasama Teknik Mesin (BKSTM), bertujuan untuk meningkatkan peran aktif mahasiswa teknik mesin di Indonesia dalam pengembangan teknologi.

Tahun ini, lomba diikuti oleh 162 program studi teknik mesin dari berbagai universitas di seluruh Indonesia.

Final akan diadakan di Ternate, Maluku Utara, pada 2 Oktober 2024, di mana Tim Teknik Mesin UBL akan bersaing dengan 20 finalis lainnya dari kampus-kampus terkemuka seperti Universitas Andalas, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Indonesia, dan Universitas Udayana.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Marga Tiga dan Proyek Penting di Lampung Timur dan Bandar Lampung, Meski Terjerat Kasus Korupsi

Dengan inovasi ini, UBL menunjukkan komitmen dalam mengembangkan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dalam meningkatkan kenyamanan dan kemudahan bagi pasien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *