BERITA

Kapolda Lampung Siap Amankan Titik Rawan dan Lalu Lintas Saat Listrik Padam Total

84
×

Kapolda Lampung Siap Amankan Titik Rawan dan Lalu Lintas Saat Listrik Padam Total

Sebarkan artikel ini
Listrik Padam Total di Lampung, Kapolda Kerahkan Personel Amankan Titik Rawan dan Lalu Lintas
Listrik Padam Total di Lampung, Kapolda Kerahkan Personel Amankan Titik Rawan dan Lalu Lintas

Media90 – Pemadaman total listrik (blackout) yang melanda seluruh Lampung sejak Selasa (4/6/2024) pukul 11.00 akhirnya berakhir pada pukul 17.13 WIB.

Selama masa pemadaman, Kapolda Polda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika, memerintahkan seluruh jajaran untuk mengamankan situasi.

Personel polisi dikerahkan untuk mengatur lalu lintas dan melakukan patroli di titik-titik rawan gangguan keamanan.

“Kami sudah memberikan instruksi kepada seluruh Kapolres untuk mengatur lalu lintas guna mengantisipasi kemacetan, serta melakukan patroli di titik-titik rawan,” kata Kapolda Helmy.

Menurut Kapolda, pemadaman listrik serentak ini disebabkan oleh gangguan transmisi pada Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 275kV Lubuk Linggau – Lahat, yang berdampak pada sistem kelistrikan di seluruh Provinsi Lampung.

Baca Juga:  Gelora Sekampung: Konser Kampanye Prabowo-Gibran Membuat Gebrakan di Lampung Timur

Dampaknya juga meluas hingga ke Provinsi Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan. “PLN telah menjelaskan bahwa terjadi gangguan listrik pada tegangan tinggi di Indralaya (Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel),” tambah Kapolda.

Kapolda meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik sambil menunggu proses perbaikan yang sedang dilakukan petugas terkait.

Warga juga diminta untuk berkoordinasi langsung dan melaporkan temuan gangguan keamanan yang terjadi di lingkungan mereka kepada petugas kepolisian.

“Kami pastikan personel kami siaga di lapangan untuk menjaga dan mengamankan aktivitas masyarakat, agar tetap tenang,” jelas Kapolda.

Pemadaman listrik total sejak pukul 11.00 WIB tersebut disebabkan oleh gangguan pada SUTT 275 Kv Lubuk Linggau-Lahat.

Baca Juga:  Patuhi Aturan! Operasi Patuh Krakatau Gelar Penertiban Lalu Lintas di Seluruh Lampung, Mulai 10-23 Juli 2023

“Sistem kelistrikan di wilayah Lampung mengalami pemadaman akibat gangguan tersebut,” ungkap Manager Komunikasi dan TJSL PLN UID Lampung, Darma Saputra.

Darma menambahkan bahwa PT PLN (Persero) sedang berupaya keras untuk mengatasi gangguan kelistrikan yang terjadi di sejumlah jaringan transmisi di Pulau Sumatera.

Ratusan personel PLN telah dikerahkan ke lapangan untuk menelusuri penyebab gangguan dan memulihkan kembali sistem kelistrikan yang terdampak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *