BERITA

Kapolda Lampung Ajak Pemudik Atur Jadwal Lebih Awal untuk Menghindari Kepadatan Siang Hari

21
×

Kapolda Lampung Ajak Pemudik Atur Jadwal Lebih Awal untuk Menghindari Kepadatan Siang Hari

Sebarkan artikel ini
Cegah Kepadatan, Kapolda Lampung Minta Para Pemudik Atur Jadwal Lebih Awal Siang Hari
Cegah Kepadatan, Kapolda Lampung Minta Para Pemudik Atur Jadwal Lebih Awal Siang Hari

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Kapolda Lampung, Irjen Helmy Santika, meminta masyarakat yang akan melaksanakan mudik Lebaran Idulfitri tahun 2024, untuk mengatur jadwal keberangkatan agar terhindar dari kepadatan puncak arus mudik.

“Puncak arus mudik Idulfitri 2024 diprediksi terjadi pada periode 5-7 April 2024, kami sarankan agar dapat melakukan perjalanan lebih awal pada siang hari, saat arus lalu lintas relatif masih sepi,” kata Irjen Helmy Santika dalam keterangannya, Rabu (3/4/2024).

Para pemudik yang melintasi wilayah hukum Polda Lampung, juga diminta untuk mengatur waktu sebaik mungkin, agar perjalanan dapat nyaman dan aman.

Pengaturan waktu tersebut, bisa bermanfaat untuk menghindari puncak-puncak arus mudik, yang biasanya mungkin melaksanakan kegiatan malam hari, agar dapat dilakukan ke siang hari.

“Kami semua berharap agar mudik berjalan aman dan lancar, dan apabila tidak ada kegiatan, bisa mudik lebih awal dan cepat,” ujar Irjen Helmy Santika.

Dengan tersebarnya waktu perjalan mudik yang lebih merata, diharapkan tidak terdapat penumpukan arus lalu lintas, ditambah meminimalisir tingkat kerawanan lalu lintas.

Melalui data Kementerian Perhubungan RI, diperkirakan jumlah pemudik di tahun 2024 ini bakal meningkat hingga 65 persen ketimbang tahun sebelumnya.

Korlantas Polri sendiri, sebelumnya juga telah memperkirakan puncak arus mudik Lebaran Idulfitri tahun 2024 bakal terjadi pada 5-7 April.

Sementara untuk puncak arus balik Lebaran Idulfitri tahun 2024 sendiri, diperkirakan bakal terjadi pada periode 14-15 April 2024.

Sebelumnya, Polda Lampung juga bakal mendirikan 77 posko mudik dalam kegiatan Operasi Ketupat Krakatau 2024, untuk mengamankan arus mudik Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah atau 2024 Masehi.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadilah Astutik menjelaskan, 77 posko mudik dan pos terpadu di Pelabuhan Bakauheni itu, nantinya bakal melayani para pemudik yang melintas di wilayah hukum Polda Lampung.

“Puluhan pos itu meliputi 56 pos pengamanan (Pospam), 20 pos pelayanan (Posyan), dan satu pos terpadu yang tersebar di 15 kabupaten/kota bakal beroperasi mulai 4-16 April 2024,” jelas Kombes Umi Fadillah Astutik.

Ada pun puluhan pos tersebut, akan disiapkan diberbagai lokasi strategis seperti jalan tol, rest area, jalan arteri, hingga jalur wisata, guna memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat selama Idulfitri 2024.

Selain itu, para pemudik juga dapat memanfaatkan keberadaan pos-pos tersebut, sebagai lokasi beristirahat melepas lelah saat berkendara.

“Selain pos pengamanan dan pelayanan ini, kami juga menempatkan sekitar 4.363 personel gabungan, yang disebarkan ke sejumlah lokasi,” ujar Umi Fadillah Astutik.

Kemudian Polda Lampung telah memprediksi puncak arus mudik berlangsung 7-8 April 2024, sedangkan puncak arus balik terjadi pada 14-15 April 2024.

Polda Lampung bersama Polres dan Polresta jajaran, juga akan mengawal dan memastikan pengamanan mudik Lebaran 2024.

Ada pun sebaran ke-77 posko mudik Polda Lampung yakni di Polres Mesuji ada pos terdiri tiga Pospam dan dua Posyan, Polres Tulangbawang Barat enam Pos ada lima Pospam dan satu Posyan, serta Polres Tulang Bawang ada tiga pos terdiri dua Pospam dan satu Posyan.

Selanjutnya Polres Way Kanan ada dua pos terdiri satu Pospam dan satu Posyan, Polres Lampung Utara ada tiga pos terdiri dua Pospam dan satu Posyan, serta Polres Lampung Tengah ada 9 pos terdiri 8 Pospam dan satu Posyan.

Berikutnya Polres Lampung Barat ada empat pos terdiri tiga Pospam dan satu Posyan, Polres Pesisir Barat ada tiga Posyan, Polres Tanggamus ada dua Pospam dan satu Posyan, serta Polres Pringsewu ada satu Posyan dan satu Pospam.

Lalu Polres Pesawaran ada delapan pos teridri dari tujuh Pospam dan satu Posyan, Polresta Bandar Lampung ada tujuh pos terdiri lima Pospam dan dua Posyan, serta Polres Metro ada tiga pos terdiri dua Pospam dan satu Posyan

Lalu Polres Lampung Timur ada enam pos tediri empat Pospam dan dua Posyan, Polres Lampung Selatan ada 12 pos terdiri 11 Pospam dan satu Posyan, serta Polda Lampung dengan satu pos terpadu di Pelabuhan Bakauheni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *