BERITA

Inovasi dan Teknologi Unila: Arah Baru Menuju Kemajuan Berkelanjutan Melalui Seminar Nasional EEA 2023

47
×

Inovasi dan Teknologi Unila: Arah Baru Menuju Kemajuan Berkelanjutan Melalui Seminar Nasional EEA 2023

Sebarkan artikel ini
Lewat Seminar Nasional EEA 2023, Unila Dorong Kemajuan Berkelanjutan Melalui Inovasi dan Teknologi
Lewat Seminar Nasional EEA 2023, Unila Dorong Kemajuan Berkelanjutan Melalui Inovasi dan Teknologi

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada tanggal 19-20 Oktober 2023, Universitas Lampung (Unila) menggelar Seminar Nasional Electrical Engineering in Action (EEA) 2023 dengan tema “Building Sustainable Economy Through Smart City Development.”

Acara ini diselenggarakan di Gedung Serbaguna (GSG) Unila dan menjadi bagian dari serangkaian kegiatan EEA 2023 yang berlangsung mulai 19 hingga 28 Oktober 2023.

EEA 2023 memberikan kesempatan bagi para profesional, praktisi, akademisi, mahasiswa, dan pemangku kepentingan dalam bidang ketenagalistrikan dan teknik elektro untuk berbagi pengetahuan, ide, serta inovasi terkini dalam perkembangan sektor tersebut.

Para narasumber yang turut berkontribusi dalam acara ini adalah General Manager PLN UIP2B JAMALI Munawwar Furqan, General Manager PLN Lampung Ir. Saleh Siswanto M.T., serta Manajer PT. Greentech Global Engineering Lampung Arjuna, SEI., ME.Sy. Diskusi ini dipandu oleh moderator Dr. Eng. Lukmanul Hakim, S.T., M.Sc.

Pembukaan acara dihadiri oleh Plh. Kadis Kominfo Lampung Achmad Saefulloh, yang mewakili Gubernur Lampung, dan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung Tole Dailami, yang mewakili Wali Kota Bandar Lampung.

Selain itu, beberapa tokoh kunci dari Unila juga turut hadir, termasuk Dekan Fakultas Teknik Unila Dr. Eng. Helmy Fitriawan, S.T., M.Sc., Sekretaris LP3M Unila Dr. Eng. Ir. Dikpride Despa, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FT Unila Dr. Eng. Ageng Sadnowo, S.T., M.T., Kepala UPT Perpustakaan Unila Ir. Khairudin, S.T., M.Sc., Ph.D., Eng., Ketua Jurusan Teknik Elektro Unila Herlinawati, S.T., M.T., dan Sekretaris Jurusan Teknik Elektro Unila Ir. Meizano Ardhi Muhammad, S.T., M.T. Hadir juga para narasumber terkemuka dalam industri ketenagalistrikan dan teknik elektro, serta mahasiswa, dosen, dan praktisi.

Tema “Building Sustainable Economy Through Smart City Development” yang diangkat dalam seminar ini menekankan peran penting teknologi dalam membangun kota cerdas yang berkelanjutan.

Diskusi melibatkan isu-isu perubahan iklim dan transisi ke energi terbarukan, yang memiliki relevansi besar dalam konteks pembangunan yang berkelanjutan.

Unila, melalui Fakultas Tekniknya, telah berkomitmen untuk mengembangkan teknologi yang mendukung konsep smart city.

Beberapa riset terbaru seperti pengembangan Internet of Things Kelistrikan Tiga Fasa, Mobil Listrik, Virtual Reality, dan Teknologi Kereta Api Listrik menjadi langkah nyata dalam mendukung peralihan ke energi yang ramah lingkungan dan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

Dalam pembangunan smart city, pasokan listrik yang stabil dan handal memegang peran kunci.

Teknologi tinggi, seperti sensor pintar dan sistem keamanan, sangat bergantung pada infrastruktur listrik yang kuat.

Selain itu, kendaraan listrik mendukung sistem transportasi berkelanjutan, yang saat ini menjadi fokus utama dalam industri.

Rektor Unila, Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng, menekankan bahwa para mahasiswa adalah agen perubahan masa depan yang akan membawa inovasi, pengetahuan, dan semangat untuk mempercepat peralihan ke ekonomi yang berkelanjutan.

Dia berharap acara ini memberikan wawasan dan inspirasi kepada peserta, terutama generasi muda, untuk berkontribusi dalam membangun masa depan yang lebih baik.

Ketua Himatro Unila, Jerry Marlian, mengungkapkan bahwa Semnas EEA 2023 adalah bagian dari serangkaian acara EEA 2023 yang bertujuan memberikan peluang untuk belajar, berbagi, berdiskusi, dan merayakan inovasi di dunia ketenagalistrikan dan teknik elektro.

Ketua Pelaksana EEA 2023, Benyamin Riski Laia, menyatakan bahwa keberhasilan acara ini tak mungkin tercapai tanpa dukungan penuh dari para narasumber, panitia pelaksana dari Himatro Unila, dan partisipasi aktif semua peserta.