BERITANASIONAL

Ini Dia Pesona Diskusi Bersama Rektor dan Dekan IIB Darmajaya, International Office Mengajak Mahasiswa Menyambangi Negeri Asing!

86
×

Ini Dia Pesona Diskusi Bersama Rektor dan Dekan IIB Darmajaya, International Office Mengajak Mahasiswa Menyambangi Negeri Asing!

Sebarkan artikel ini
Ini Dia Pesona Diskusi Bersama Rektor dan Dekan IIB Darmajaya, International Office Mengajak Mahasiswa Menyambangi Negeri Asing!
Ini Dia Pesona Diskusi Bersama Rektor dan Dekan IIB Darmajaya, International Office Mengajak Mahasiswa Menyambangi Negeri Asing!

Media90 – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Hubungan Internasional Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya baru-baru ini menggelar acara bertajuk #MERANTAUKUY2023 Ngobrol Bersama Rektor, Dekan, dan International Office.

Acara ini dilaksanakan di Darmajaya Society Center (DSC) Lantai II pada Selasa, 20 Juni 2023.

Salah satu daya tarik acara ini adalah penyajian makanan khas Mesir yang disediakan langsung oleh Hashem, seorang lulusan SMA Tunas Mekar Indonesia.

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan mahasiswa IIB Darmajaya yang berminat untuk melanjutkan studi di luar negeri.

Kepala UPT Hubungan Internasional IIB Darmajaya, Rahmalia Syahputri, memberikan penjelasan mengenai lebih dari 10 program internasional yang ditawarkan oleh institut kepada mahasiswa yang hadir.

Menurutnya, program-program ini merupakan komitmen IIB Darmajaya untuk memberikan pengalaman internasional dan meningkatkan kompetensi mahasiswa melalui kerjasama dengan perguruan tinggi mitra di luar negeri.

Rektor IIB Darmajaya, Dr. Ir. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc., menyampaikan bahwa program internasional yang lengkap hanya dapat ditemukan di Darmajaya di wilayah Lampung.

Ia menjelaskan bahwa IIB Darmajaya telah menyelenggarakan program-program internasional secara mandiri sejak tahun 2012, baik yang didukung oleh pemerintah maupun yang mandiri.

Rektor juga menekankan bahwa biaya kuliah di luar negeri dapat disamakan dengan biaya kuliah di Darmajaya, sehingga para mahasiswa tidak perlu merasa khawatir tentang biaya yang tinggi.

Rektor berharap agar semua peserta acara ini dapat melanjutkan studi ke luar negeri, asalkan memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Ia mengungkapkan bahwa pengalaman mengikuti program studi di luar negeri, seperti student mobility, dapat menjadi nilai tambah dan pertimbangan penting saat melamar pekerjaan di masa depan.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Aswin, S.E., M.M., menyatakan bahwa Program Internasional merupakan salah satu komitmen Darmajaya dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Ia menjelaskan bahwa internasionalisasi menjadi fokus utama IIB Darmajaya dalam memberikan dukungan kepada mahasiswanya.

Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Dr. Sutedi, S.Kom., M.T.I., juga menyampaikan pandangannya bahwa merantau akan membuka cakrawala berpikir mahasiswa terhadap dunia luar.

Ia menegaskan bahwa mata kuliah yang diambil di perguruan tinggi mitra luar negeri dapat diakui dan ditransfer sesuai prosedur yang berlaku.

Dekan Fakultas Desain, Hukum, dan Pariwisata, Dr. Handoyo Widi Nugroho, M.T.I., juga memberikan apresiasi terhadap program student mobility ini. Ia menekankan bahwa kesempatan untuk berinteraksi dengan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di luar negeri adalah sebuah keuntungan yang jarang ditemui.

Ia juga memuji keberadaan International Office di IIB Darmajaya yang menjalin kerjasama yang luar biasa dengan perguruan tinggi mitra di luar negeri, bahkan perguruan tinggi lain di Indonesia juga turut berpartisipasi dalam pengembangan program internasional di IIB Darmajaya.

Acara #MERANTAUKUY2023 Ngobrol Bersama Rektor, Dekan, dan International Office di IIB Darmajaya berhasil memberikan gambaran tentang komitmen institut dalam memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk meraih pengalaman internasional.

Dengan adanya beragam program internasional dan kerjasama dengan perguruan tinggi mitra di luar negeri, IIB Darmajaya siap menjadikan mahasiswanya bersaing secara global dan mempersiapkan mereka untuk meniti karir di masa depan.