BERITA

IIB Darmajaya Tingkatkan UMKM dengan Riset Inovatif di Pemasaran Digital dan Kapabilitas Dinamis

18
×

IIB Darmajaya Tingkatkan UMKM dengan Riset Inovatif di Pemasaran Digital dan Kapabilitas Dinamis

Sebarkan artikel ini
IIB Darmajaya Dorong UMKM Lewat Penelitian Inovatif dalam Pemasaran Digital dan Kapabilitas Dinamik
IIB Darmajaya Dorong UMKM Lewat Penelitian Inovatif dalam Pemasaran Digital dan Kapabilitas Dinamik

Media90 – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya kembali memperlihatkan komitmennya dalam mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia melalui inovasi terbaru.

Tim peneliti yang dipimpin oleh M. Ariza Eka Yusendra, S.P., M.M., bersama dengan Nurfiana, S.Kom., M.Kom., dan Cahyani Pratisti, S.Pi., M.BA., saat ini tengah fokus pada pengembangan model inovatif yang bertujuan meningkatkan kinerja bisnis UMKM.

Penelitian yang berjudul “Model Peningkatan Kinerja Bisnis UMKM melalui Integrated Digital Marketing dan Kapabilitas Dinamik Servitisasi Digital Yang Diperkuat Dengan Orientasi Pemasaran Kewirausahaan” ini mendapatkan dukungan dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) tahun 2024.

Penelitian ini bertujuan mengintegrasikan pemasaran digital dengan kapabilitas dinamik dalam servitisasi digital, serta memperkuatnya melalui pendekatan pemasaran kewirausahaan.

Baca Juga:  Gerindra Lampung Rilis Calon Kepala Daerah di 15 Kabupaten/Kota pada Bulan Agustus

M. Ariza Eka Yusendra mengungkapkan bahwa penelitian ini bertujuan memberikan panduan yang jelas dan efektif bagi UMKM untuk meningkatkan daya saing di era digital.

“Kapabilitas dinamik sangat penting dalam menghadapi perubahan pasar yang cepat. Penelitian kami dirancang untuk membantu UMKM beradaptasi dengan perubahan tersebut,” jelasnya.

Sebagai dosen Program Studi Bisnis Digital, Ariza juga menekankan pentingnya orientasi pemasaran kewirausahaan sebagai kunci untuk mendorong inovasi dan proaktivitas dalam strategi pemasaran UMKM.

Rektor IIB Darmajaya, RZ Abdul Aziz, ST, MT, Ph.D., menyampaikan apresiasi tinggi atas pencapaian ini dan menegaskan betapa pentingnya penelitian ini untuk kemajuan UMKM.

“Perolehan hibah ini semakin menegaskan peran perguruan tinggi dalam mendorong inovasi dan pengembangan UMKM di Indonesia,” ujarnya seperti dikutip dari laman resmi kampus.

RZ Abdul Aziz menambahkan bahwa IIB Darmajaya berkomitmen untuk terus mendukung penelitian yang tidak hanya bermanfaat, tetapi juga relevan bagi kemajuan ekonomi.

Baca Juga:  Relawan Milenial Mendukung Rahmat Mirzani Djausal untuk Gubernur Lampung: Gerakan Inspiratif Mirzanial

“Kami berharap hasil penelitian ini dapat memperkuat posisi UMKM serta memberikan dampak positif yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi lokal,” tegasnya.

Bagi calon mahasiswa baru yang tertarik untuk bergabung dengan IIB Darmajaya, pendaftaran dapat dilakukan melalui laman pmb.darmajaya.ac.id.

Informasi lebih lanjut dapat diperoleh dengan menghubungi narahubung di nomor 08117972244 atau 082306097566, yang siap melayani selama 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *