BERITA

Hebat! Pelajar SD Bumi Dipasena Sapu Bersih Semua Cabang di Festival Bahasa Lampung Zona 7 Tulang Bawang

10
×

Hebat! Pelajar SD Bumi Dipasena Sapu Bersih Semua Cabang di Festival Bahasa Lampung Zona 7 Tulang Bawang

Sebarkan artikel ini
Pelajar SD Bumi Dipasena Raih Seluruh Cabang Festival Bahasa Lampung Zona 7 Tulang Bawang, ini Juaranya
Pelajar SD Bumi Dipasena Raih Seluruh Cabang Festival Bahasa Lampung Zona 7 Tulang Bawang, ini Juaranya

Media90 – Pengurus Kelompok Kerja Guru (KKG) Bahasa Lampung Sekolah Dasar (SD) Zona 7 Tulang Bawang, yang mencakup Kecamatan Rawajitu Timur dan Rawajitu Selatan, menggelar Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) pada hari Rabu, 16 Oktober 2024, di SDN 1 Gedung Karya Jitu, Rawajitu Selatan. Festival ini diikuti oleh 21 sekolah dari total 23 SD di Zona 7.

Ketua Panitia Festival, Eka Yusnia, dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dari acara ini adalah untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap bahasa ibu mereka, khususnya Bahasa Lampung.

Selain itu, festival ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dan kreativitas siswa dalam menggunakan Bahasa Lampung.

“Kegiatan ini diadakan agar anak-anak semakin mencintai bahasa ibu mereka. Ini juga sebagai wadah untuk meningkatkan kemampuan, kreativitas, dan memperkaya perbendaharaan kata mereka dalam berbahasa Lampung,” ujar Eka Yusnia.

Baca Juga:  Polinela Gelar Pelatihan Internal: Optimalisasi Pengelolaan Homestay dalam Program Pengelolaan Perhotelan

Festival ini menyajikan berbagai cabang lomba, seperti pidato, mendongeng, Sagata (bermain kata), dan membaca aksara Lampung.

Sebanyak 95 peserta dari 21 SD di Kecamatan Rawajitu Timur dan Rawajitu Selatan turut ambil bagian dalam festival tersebut. Para pemenang juara pertama akan dikirim untuk mewakili Zona 7 di tingkat Kabupaten Tulang Bawang.

Acara tersebut resmi dibuka oleh Pengawas SD Kecamatan Rawajitu Selatan dan ditutup oleh Pengawas SD Kecamatan Rawajitu Timur.

Acara ini juga dihadiri oleh berbagai tokoh pendidikan, seperti Pengawas SD dari kedua kecamatan, Ketua K3S Rawajitu Timur, kepala sekolah, dewan juri, serta pengurus KKG Bahasa Lampung Kabupaten Tulang Bawang dan guru pendamping dari masing-masing sekolah.

Baca Juga:  Pilkada 2024: Calon Gubernur dan 8 Pasangan Bupati serta Wali Kota di Lampung Dapat Dukungan Partai Gerindra dengan Nomor Urut 2

Pada penghujung festival, para siswa dari SD Bumi Dipasena berhasil menyapu bersih seluruh cabang lomba. Berikut adalah daftar juara dalam Festival Tunas Bahasa Ibu Zona 7 Tulang Bawang:

  1. Juara Membaca Aksara Lampung
    • Putra: SDN 01 Bumi Dipasena Jaya, Rawajitu Timur
    • Putri: SDN 2 Gedung Karya Jitu, Rawajitu Selatan
  2. Juara Sagata
    • Putra: SDN 1 Bumi Dipasena Abadi, Rawajitu Timur
    • Putri: SDN 01 Bumi Dipasena Mulya, Rawajitu Timur
  3. Juara Pidato
    • Putra: SDN 01 Bumi Dipasena Abadi, Rawajitu Timur
    • Putri: SDN 1 Karya Jitu Mukti, Rawajitu Selatan
  4. Juara Mendongeng
    • Putra: SDN Bumi Dipasena Jaya, Rawajitu Timur
    • Putri: SDN Bumi Dipasena Mulya, Rawajitu Timur

Prestasi yang diraih oleh siswa-siswi SD Bumi Dipasena membuktikan kemampuan mereka dalam melestarikan dan memajukan Bahasa Lampung di kalangan generasi muda.

Baca Juga:  Meningkatkan Aktivitas UMKM Selama Liburan Iduladha

Semoga kesuksesan ini dapat menginspirasi sekolah-sekolah lain untuk lebih aktif dalam mengembangkan potensi siswa di bidang bahasa dan budaya lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *