BERITA

Hati-hati! Hujan Lebat dan Cuaca Ekstrem Melanda Lampung, Simak Tips Keamanan Listrik dari PLN

8
×

Hati-hati! Hujan Lebat dan Cuaca Ekstrem Melanda Lampung, Simak Tips Keamanan Listrik dari PLN

Sebarkan artikel ini
Waspada Hujan Deras Hingga Cuaca Ekstrem di Lampung, Yuk Ikuti Tips Aman Kelistrikan dari PLN ini
Waspada Hujan Deras Hingga Cuaca Ekstrem di Lampung, Yuk Ikuti Tips Aman Kelistrikan dari PLN ini

Media90 – Sejumlah wilayah di Lampung saat ini tengah mengalami cuaca ekstrem yang ditandai dengan hujan deras dan angin kencang.

Kondisi ini berpotensi menyebabkan genangan air hingga banjir di berbagai titik. Menanggapi situasi tersebut, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Lampung menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan waspada terhadap potensi bahaya listrik yang mungkin timbul.

Potensi Bahaya Listrik Saat Hujan Deras

Hujan deras dapat menyebabkan berbagai risiko terkait kelistrikan, baik di instalasi listrik rumah tangga maupun pada infrastruktur distribusi listrik, seperti tiang PLN, jaringan, dan fasilitas umum.

Air merupakan konduktor yang dapat menghantarkan listrik, sehingga risiko tersengat listrik meningkat saat kondisi cuaca tidak bersahabat.

Baca Juga:  Tiga Dosen IIB Darmajaya Mengukir Prestasi dengan Sertifikasi BNSP sebagai Konsultan Inkubator Bisnis

General Manager PLN UID Lampung, Sugeng Widodo, menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai upaya preventif untuk menjaga kehandalan jaringan distribusi listrik.

“Kami selalu sigap dengan melakukan pengecekan dan pemantauan jaringan listrik di wilayah yang mengalami curah hujan tinggi dan rawan banjir,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (26/9/2024).

Edukasi dan Komitmen PLN

PLN UID Lampung berkomitmen untuk tidak hanya melakukan tindakan preventif, tetapi juga memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai keselamatan kelistrikan.

Sugeng menekankan pentingnya kesadaran masyarakat terhadap potensi bahaya listrik saat cuaca ekstrem.

“Kami berharap para pelanggan teredukasi mengenai potensi bahaya listrik, sehingga tetap aman saat hujan deras,” tambahnya.

Di samping itu, PLN juga berkomitmen untuk melakukan perbaikan dengan cepat jika terjadi gangguan dan memberikan informasi kepada pelanggan mengenai pemadaman yang mungkin terjadi.

Baca Juga:  Polda Lampung Pastikan Arus Pemudik Tetap Lancar di Pelabuhan Bakauheni Menjelang Lebaran Idulfitri

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Lampung untuk selalu berhati-hati dan melaporkan potensi bahaya kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile atau contact center PLN 123,” katanya.

Tips Aman Saat Hujan Deras

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan masyarakat ketika menghadapi hujan deras dan potensi banjir:

  1. Jauhi Jaringan Listrik: Pastikan Anda berada di tempat yang aman dan jauh dari jaringan listrik, seperti tiang listrik.
  2. Periksa Kabel Listrik: Pastikan kabel listrik di sekitar terbungkus dengan baik dan sambungan kabel terisolasi sempurna untuk mencegah arus bocor yang berbahaya.
  3. Matikan Aliran Listrik: Jika hujan terus berlanjut dan ketinggian air mulai naik, segera matikan aliran listrik dari kWh meter dengan menekan meter circuit breaker (MCB) ke arah bawah, dan cabut colokan listrik dari stop kontak.
  4. Lindungi Alat Elektronik: Pindahkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi untuk mencegah kerusakan akibat genangan air.
  5. Laporkan Keadaan Darurat: Jika terjadi banjir dan PLN belum memadamkan aliran listrik di wilayah Anda, segera laporkan melalui PLN Mobile atau PLN 123 untuk meminta agar aliran listrik dipadamkan.
Baca Juga:  Rombongan Gibran Menuju Kampus IIB Darmajaya Bandar Lampung: Deretan Aspirasi Beragam Disampaikan

Dengan langkah-langkah tersebut, diharapkan masyarakat dapat menjaga keselamatan diri dan keluarga selama cuaca ekstrem ini.

PLN akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk memastikan kehandalan listrik dan keselamatan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *