BERITA

Gajah Betina Ditemukan Tewas di PLG Way Kambas: Polisi dan Tim Medis Teliti Penyebab Kematian

11
×

Gajah Betina Ditemukan Tewas di PLG Way Kambas: Polisi dan Tim Medis Teliti Penyebab Kematian

Sebarkan artikel ini
Gajah Betina Ditemukan Mati di PLG Way Kambas, Polisi dan Tim Medis Selidiki Penyebab Kematian
Gajah Betina Ditemukan Mati di PLG Way Kambas, Polisi dan Tim Medis Selidiki Penyebab Kematian

Media90 – Pada Kamis sore, 29 Agustus 2024, seekor gajah jinak ditemukan mati di lokasi Pusat Latihan Gajah (PLG) Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung Timur.

Kepala Balai TNWK, Zaidi, mengkonfirmasi bahwa gajah betina dewasa tersebut ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa di wilayah PLG pada sore hari.

Saat ini, tim medis masih melakukan pemeriksaan untuk menentukan penyebab kematian gajah tersebut.

“Kami belum bisa memberikan keterangan lebih jauh karena proses pemeriksaan oleh tim medis masih berlangsung. Kami perlu waktu untuk mengetahui penyebab kematian gajah jinak ini,” ujar Zaidi pada Jumat, 30 Agustus 2024.

Zaidi menambahkan bahwa setelah pemeriksaan selesai, pihaknya akan mengadakan konferensi pers untuk menjelaskan hasil temuan mengenai kematian gajah betina tersebut.

Baca Juga:  Perhelatan Keagamaan Besar: Pemerintah Provinsi Lampung Selenggarakan Pengajian Massal di Lampung Timur

Ia juga mengungkapkan bahwa gajah tersebut telah lama mengalami sakit, tetapi jenis penyakitnya belum diketahui.

“Harap bersabar menunggu rilis resmi dari kami. Polisi sudah turun ke lokasi untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) bersama dokter hewan, dibantu oleh sejumlah pawang,” ujar Zaidi.

Sementara itu, Kepala Satreskrim Polres Lampung Timur, Iptu Maulana Rahmat Alhaqqi, mengonfirmasi bahwa timnya sedang dalam perjalanan ke TKP untuk melakukan olah TKP.

“Beberapa anggota kami sedang menuju PLG untuk menyaksikan proses autopsi dan pengambilan sampel organ gajah yang mati guna mengungkap penyebabnya,” ungkap Iptu Maulana Rahmat Alhaqqi.

Menurut Iptu Maulana, jika ditemukan indikasi kejanggalan atau dugaan kejahatan terkait kematian gajah tersebut, maka proses hukum akan dilanjutkan.

Baca Juga:  Polres Tanggamus Kirim Tersangka Kasus Kematian Suami Istri ke Rumah Sakit Jiwa Lampung untuk Pemeriksaan Kejiwaan

Namun, jika penyebab kematian ternyata adalah penyakit, maka persoalan tersebut akan dikembalikan kepada pihak TNWK untuk ditangani lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *