BERITA

Festival Literasi Digital 2023 di Pesawaran: Menyebarkan Manfaat Digital bersama Bupati

154
×

Festival Literasi Digital 2023 di Pesawaran: Menyebarkan Manfaat Digital bersama Bupati

Sebarkan artikel ini
Buka Festival Literasi Digital 2023, Bupati Pesawaran Beri Manfaat ke Masyarakat Untuk Tingkatkan Literasi Digital
Buka Festival Literasi Digital 2023, Bupati Pesawaran Beri Manfaat ke Masyarakat Untuk Tingkatkan Literasi Digital

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona, secara resmi membuka kegiatan Festival Literasi Digital 2023, yang merupakan bagian dari program gerakan nasional literasi digital, bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI.

Acara ini berlangsung di Gedung Graha Adora Pesawaran pada Kamis, 31 Agustus 2023.

Dalam sambutannya, Bupati Dendi Ramadhona menekankan pentingnya literasi digital di tengah pesatnya perkembangan era digitalisasi saat ini.

Dia mengungkapkan bahwa literasi digital menjadi kunci dalam menyediakan sumber daya manusia (SDM) yang mampu menghadapi tantangan perubahan dinamika global di era industri 4.0 dan society 5.0.

“Era saat ini mengharuskan semua sektor untuk beradaptasi dengan perkembangan digital agar dapat bertahan. Oleh karena itu, literasi digital menjadi krusial dalam meningkatkan wawasan dan keterampilan masyarakat dalam menghadapi transformasi digital di Lampung, terutama di Kabupaten Pesawaran,” ujar Bupati Dendi.

Menurutnya, kemampuan masyarakat dalam menguasai teknologi informasi sangat penting, baik dalam lingkungan keluarga, dunia kerja, maupun dalam kehidupan sosial.

Pemerintah Kabupaten Pesawaran berkomitmen untuk terus berkolaborasi dalam upaya meningkatkan literasi digital masyarakat, dengan harapan dapat melahirkan SDM digital yang unggul dan berdaya saing.

Salah satu inisiatif yang diambil adalah Pendirian Pesawaran Digital Academy.

Meskipun agenda festival ini berlangsung dalam waktu singkat, Bupati Dendi berharap bahwa literasi digital akan meningkat di masyarakat Lampung, khususnya di Kabupaten Pesawaran.

Ia mendorong agar festival ini dapat melibatkan seluruh lapisan masyarakat, termasuk generasi tua, untuk memahami pentingnya literasi digital. “Tidak ada kata terlambat untuk belajar,” tambahnya.

Bupati Dendi juga memberikan pesan kepada semua peserta untuk mengikuti acara ini dengan sungguh-sungguh, meningkatkan pengetahuan, kompetensi, dan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi informasi sesuai dengan profesi masing-masing, serta siap menjadi agen perubahan di masyarakat.

Sementara itu, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Kominfo, Semuel A. Pangerapan, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan literasi digital ini adalah meningkatkan penggunaan teknologi secara bijak, sehingga masyarakat siap menghadapi transformasi digital.

Kementerian Kominfo, sebagai fasilitator gerakan literasi digital, turut memberikan pengetahuan terkait literasi digital.

“Festival Literasi Digital 2023 ini adalah langkah menuju visi Indonesia Digital Nation, di mana masyarakat semakin terkoneksi dan semakin maju dalam dunia digital,” kata Semuel.

Acara Festival Literasi Digital 2023 diikuti oleh 556 peserta dari berbagai kalangan, termasuk masyarakat umum, organisasi kepemudaan seperti Karang Taruna dan HMI, serta instansi pemerintah seperti KPMPKH Kementerian Sosial. Sebanyak 211 peserta mengikuti acara ini melalui platform zoom meeting.

Tidak hanya dihadiri oleh Bupati Dendi Ramadhona dan Semuel A. Pangerapan, festival ini juga melibatkan narasumber terkemuka, seperti Kadis Kominfo Lampung Ahmad Saefulloh, Ketua MPW Pemuda Pancasila Lampung Rycko Menoza, Xenia Angelica Wijayanto dari Centre For Publication, dan sejumlah akademisi dan praktisi di bidang teknologi informasi.

Acara ini menjadi wujud nyata komitmen untuk meningkatkan literasi digital dan kemampuan SDM di era digitalisasi yang terus berkembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *