BERITA

Dosen IIB Darmajaya Transformasi Sampah Plastik Jadi Pusat Kreatif dan Ekonomi di SMKN 7 Bandar Lampung

0
×

Dosen IIB Darmajaya Transformasi Sampah Plastik Jadi Pusat Kreatif dan Ekonomi di SMKN 7 Bandar Lampung

Sebarkan artikel ini
Dosen IIB Darmajaya Rubah Sampah Plastik Jadi Pusat Kreatif dan Ekonomi di SMKN 7 Bandar Lampung
Dosen IIB Darmajaya Rubah Sampah Plastik Jadi Pusat Kreatif dan Ekonomi di SMKN 7 Bandar Lampung

Media90 – Dosen Program Studi Desain Interior Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya mengadakan workshop pengabdian kepada masyarakat di SMKN 7 Bandar Lampung pada 29 Juli lalu.

Workshop ini dipimpin oleh Andy Wahyu Zulkifli Yusuf, S.Ds., M.Ds., bersama dengan anggota timnya: Rohiman, S.Pd., M.Pd.; Rika Febri Sasmita, S.Kom., M.T.I.; Danang Ade Muktiawan, S.Kom., M.T.I.; Desiana Muryasari, S.Pd., M.Pd.; dan Sabiqul Iman, S.Sos., M.A.B., serta seorang mahasiswa.

Kegiatan ini diikuti oleh 36 pelajar SMKN 7 Bandar Lampung dan dua guru.

Ketua PKM, Andy Wahyu Zulkifli Yusuf, menyatakan bahwa tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa mengenai pengelolaan sampah, serta penerapan metode 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle).

Baca Juga:  Pemkot Bandar Lampung Raih Penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI atas Penurunan Kasus Malaria Selama Tiga Tahun

“Kegiatan ini terdiri dari dua sesi utama: penyuluhan tentang pengelolaan sampah dan literasi memilah serta menggolongkan sampah dengan metode 3R, serta forum diskusi antara siswa yang didampingi oleh dosen dan guru,” jelas Andy seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.

Selama workshop, siswa dibagi menjadi lima kelompok dan diberi tugas untuk merancang produk berbahan dasar botol plastik daur ulang.

“Kami mengajarkan siswa cara mendesain produk dengan bahan daur ulang, memanfaatkan bentuk botol plastik yang beragam untuk menciptakan produk unik. Siswa diberikan kebebasan untuk menuangkan ide kreativitas mereka dalam proses desain,” tambahnya.

Dwi Ariyanti, S.Pd., Kepala Jurusan DKV SMKN 7 Bandar Lampung, mengungkapkan rasa terima kasih atas workshop yang diadakan oleh IIB Darmajaya.

Baca Juga:  Innova Dihantam Kereta Api Kuala Stabas di Perlintasan Branti Natar, Wanita Pringsewu Tewas

“Kami berharap workshop ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan para pelajar, khususnya di jurusan DKV. Pemanfaatan sampah botol plastik dapat menumbuhkan kreativitas dan memberikan nilai tambah bagi sampah,” tutupnya.

Workshop ini bertujuan untuk mendorong siswa agar lebih aktif dalam pengelolaan sampah di lingkungan sekolah dan memanfaatkan sampah plastik dengan cara yang inovatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *