BERITA

Bupati Pesawaran Ikuti Rapat Koordinasi Kepala Daerah di IKN

19
×

Bupati Pesawaran Ikuti Rapat Koordinasi Kepala Daerah di IKN

Sebarkan artikel ini
Bupati Pesawaran Hadiri Rapat Koordinasi Kepala Daerah di IKN
Bupati Pesawaran Hadiri Rapat Koordinasi Kepala Daerah di IKN

Media90 – Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona, menghadiri Rapat Koordinasi Kepala Daerah yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada Selasa (13/8/2024).

Dalam rapat tersebut, Presiden Jokowi memberikan apresiasi kepada para Gubernur, Bupati, dan Wali Kota atas keberhasilan mereka dalam menekan laju inflasi yang kini berada pada angka 2,13%.

Presiden menekankan bahwa pencapaian ini merupakan hasil yang sangat baik dibandingkan dengan banyak negara lainnya.

Jokowi meminta para kepala daerah untuk mempertahankan pencapaian ini dan segera menyelesaikan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang masih rendah.

Saat ini, realisasi belanja di tingkat Kabupaten/Kota hanya mencapai 31%, sementara di tingkat Provinsi mencapai 41%.

Baca Juga:  Partai Gerindra Resmi Mendukung Reihana sebagai Kandidat Wali Kota Bandar Lampung di Pilkada 2024

Presiden menekankan perlunya perbaikan dalam hal ini untuk memastikan anggaran digunakan secara optimal.

Presiden juga mendorong para kepala daerah untuk menciptakan kota yang ramah lingkungan.

Ia menegaskan bahwa IKN dirancang sebagai Kota Hutan, berbeda dari kota-kota beton pada umumnya, sebagai contoh kota masa depan yang berbasis pada konsep yang matang.

Selain itu, Jokowi menjelaskan bahwa Istana Negara di Jakarta dan Bogor adalah peninggalan kolonial Belanda yang telah dihuni selama 79 tahun sejak kemerdekaan.

Dengan pembangunan IKN, Presiden ingin menunjukkan bahwa Indonesia mampu membangun ibu kota yang sesuai dengan desain dan keinginan bangsa sendiri.

Menutup rapat, Presiden Jokowi mengingatkan pentingnya menyelesaikan anggaran untuk Pilkada serentak yang akan datang, guna memastikan keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan pesta demokrasi.

Baca Juga:  Jati Mulyo Terkejut: Warga Merak Batin Natar Jadi Tersangka Pencurian HP dan Laptop, Ditangkap di Sel Polsek Jati Agung

Hadir dalam pertemuan ini juga Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, serta Penjabat (Pj) Gubernur Lampung, Samsudin, bersama dengan 517 kepala daerah lainnya dari seluruh Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *