BERITA

BRIDA dan IIB Darmajaya Kolaborasi untuk Tingkatkan Riset dan Inovasi di Lampung Selatan

22
×

BRIDA dan IIB Darmajaya Kolaborasi untuk Tingkatkan Riset dan Inovasi di Lampung Selatan

Sebarkan artikel ini
Tingkatkan Riset dan Inovasi Lampung Selatan, BRIDA – IIB Darmajaya Lakukan Kajian
Tingkatkan Riset dan Inovasi Lampung Selatan, BRIDA – IIB Darmajaya Lakukan Kajian

Media90 – Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kabupaten Lampung Selatan telah meminta Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya untuk melakukan kajian penelitian sebagai bagian dari implementasi kerja sama yang telah terjalin.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris BRIDA Lampung Selatan, Iwan Abdul Roni, S.Pi., M.M., dalam rapat pembahasan tindak lanjut kerja sama di ruang rapat rektor lantai II IIB Darmajaya pada Rabu, 14 Agustus 2024.

Iwan Abdul Roni menekankan pentingnya pemanfaatan kajian penelitian untuk mengatasi berbagai persoalan di Lampung Selatan.

Menurutnya, organisasi perangkat daerah (OPD) dapat dijadikan objek kajian oleh tim dari IIB Darmajaya.

Hasil dari kajian tersebut diharapkan dapat mengembangkan dan meningkatkan layanan serta inovasi di masa mendatang.

Baca Juga:  Polinela Menggelar BTP EXPO 2024: Membangun Sinergi Antara Dunia Akademis dan Industri untuk Kemajuan Pertanian

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IIB Darmajaya, Dr. Sri Lestari, S.Kom., M.Cs., menjelaskan bahwa IIB Darmajaya selama ini telah menjalin kolaborasi dalam penelitian dan pengabdian masyarakat dengan berbagai instansi dan stakeholder.

Kerja sama tersebut mencakup bidang-bidang seperti Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), dan Tenaga Kerja Pesawaran, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pesawaran, serta Dinas Perhubungan Kota Bandarlampung.

Dr. Sri Lestari menambahkan bahwa setiap tahunnya dosen IIB Darmajaya melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui berbagai hibah yang berdampak langsung dalam menyelesaikan masalah di masyarakat.

Selain itu, implementasi produk hasil kajian dilakukan melalui kerja sama dengan Program Studi Sistem Komputer, seperti yang dilakukan pada sistem parkir di Dinas Perhubungan dan pengembangan sistem informasi UMKM di Pesawaran dengan SiMoniK (Sistem Informasi Monitoring Kerja UMKM).

Lebih lanjut, Dr. Sri Lestari juga menyebutkan bahwa program smartvillage yang digagas oleh Dinas Pemberdayaan dan Pemerintahan Masyarakat Desa Provinsi Lampung (PMD) juga melibatkan kajian dari IIB Darmajaya.

Baca Juga:  Remaja OKU Sumsel Ditangkap di Bandar Lampung: Polisi Sita 9 Kg Ganja dan 241 Gram Sabu di Sukarame

Ia menegaskan komitmen IIB Darmajaya untuk memberikan solusi atas permasalahan pemerintah daerah melalui kajian penelitian dan pengabdian masyarakat.

Rapat pembahasan tindak lanjut kerja sama ini juga dihadiri oleh Kepala Bidang Sosial Pemerintahan BRIDA Lampung Selatan A. Riva Prasetya Utama, Kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan BRIDA Lampung Selatan Ir. Agustinus Oloan, S.T., M.T., M.Eng., serta beberapa pejabat dari IIB Darmajaya, termasuk Direktur Program Unggulan dan MBKM Dr. Ir. Kurnia Muludi, S.Kom., M.C.Sc., dan Direktur Humas, Kerja Sama, Pemasaran dan RPL Dian Eka Darma Wahyuni, S.E.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *