BERITA

BPJS Kesehatan Pilih Tujuh Desa di Lampung Selatan sebagai Pilot Project Program Pesiar

54
×

BPJS Kesehatan Pilih Tujuh Desa di Lampung Selatan sebagai Pilot Project Program Pesiar

Sebarkan artikel ini
Tujuh Desa di Lampung Selatan Terpilih Jadi Pilot Project Progam Pesiar BPJS Kesehatan
Tujuh Desa di Lampung Selatan Terpilih Jadi Pilot Project Progam Pesiar BPJS Kesehatan

Media90 – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan akan meluncurkan program petakan, sisir, advokasi, dan registrasi (Pesiar) di tujuh desa.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan hingga pelosok desa.

Dengan pelaksanaan program Pesiar, diharapkan dapat mengurangi beban biaya kesehatan bagi warga yang membutuhkan perawatan medis dan memastikan seluruh masyarakat di Lampung Selatan dapat menikmati layanan kesehatan yang memadai.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung, Yessy Rahimi, menyatakan bahwa program Pesiar merupakan bagian dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Program ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara menyeluruh dan berkelanjutan,” kata Yessy Rahimi saat Rapat Forum Koordinasi, Monitoring, dan Evaluasi Pelaksanaan Pesiar JKN Lampung Selatan di Aula Krakatau, Kantor Bupati Lampung Selatan, Rabu (28/7/2024).

Baca Juga:  Turbulensi Cuaca: Hujan Membasahi Sebagian Wilayah dari Pagi hingga Sore

Menurut data pencapaian Universal Health Coverage (UHC), tingkat kepesertaan BPJS di Lampung Selatan saat ini mencapai 102,12 persen, yang berarti sudah mencapai UHC, dengan kepesertaan aktif sebesar 76,9 persen.

“Tercapainya pemahaman yang sama dalam mendukung program JKN diharapkan dapat memperbaiki akses layanan kesehatan bagi seluruh peserta JKN,” ujar Yessy Rahimi.

Yessy Rahimi mengungkapkan bahwa di Lampung Selatan terdapat tujuh desa yang menjadi pilot project pelaksanaan program Pesiar BPJS Kesehatan, yaitu Desa Bakauheni, Desa Cinta Mulya Candipuro, Desa Trimomukti Candipuro, Desa Purwotani Jati Agung, Desa Sidoasih Ketapang, Desa Bumi Daya Palas, dan Desa Sidorejo Sidomulyo.

Namun, dari tujuh desa tersebut, masih terdapat beberapa desa yang mengalami kendala sehingga progres pelaksanaan program Pesiar masih belum optimal.

“Kami petakan potensi penduduk yang belum memiliki JKN atau kepesertaannya tidak aktif, kemudian disisir dan diadvokasi untuk mengaktifkan, yang selanjutnya akan diregistrasikan,” ungkap Yessy Rahimi.

Baca Juga:  Menjelajahi Masa Depan: Astra Motor Natar Mengungkapkan Produk Sepeda Motor Menarik dan Promo Tak Terlupakan di Pameran Virtual Honda

Staf Ahli Bupati Lampung Selatan Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Pemkab Lampung Selatan, Anton Carmana, menyebutkan bahwa pihaknya menyambut baik dan mendukung penerapan program Pesiar BPJS Kesehatan tersebut.

“Kami berharap, dengan diterapkannya program Pesiar BPJS Kesehatan di Lampung Selatan, seluruh masyarakat bisa memiliki jaminan kesehatan yang lebih baik,” sebut Anton Carmana.

Anton meminta agar program tersebut dilaksanakan dengan baik dan data peserta disusuri dengan cermat, sehingga kepesertaan BPJS di Lampung Selatan dapat memberikan manfaat besar, terutama bagi masyarakat yang kurang mampu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *