BERITA

Berkolaborasi dengan Dua Ahli, Program Studi Akuntansi IIB Darmajaya Mengadakan Workshop Pengembangan Kurikulum Berorientasi OBE dan MBKM

156
×

Berkolaborasi dengan Dua Ahli, Program Studi Akuntansi IIB Darmajaya Mengadakan Workshop Pengembangan Kurikulum Berorientasi OBE dan MBKM

Sebarkan artikel ini
Hadirkan Dua Narasumber, Prodi Akuntansi IIB Darmajaya Gelar Lokakarya Kurikulum Berbasis OBE dan MBKM
Hadirkan Dua Narasumber, Prodi Akuntansi IIB Darmajaya Gelar Lokakarya Kurikulum Berbasis OBE dan MBKM

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada hari Rabu, 9 Agustus 2023, Prodi Akuntansi Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menyelenggarakan Lokakarya Kurikulum Berbasis Outcome-Based Education (OBE) dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Aula Rapat Lantai 1 Gedung Alfian Husin.

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk merevitalisasi Prodi Akuntansi dengan memperbarui kurikulum, dan diselenggarakan dalam kerangka hibah dari Program Kompetisi Kampus Merdeka 2023 yang didukung oleh Kemdikbudristek RI.

Narasumber terkemuka dari dua universitas ternama di Indonesia, Universitas Bina Nusantara dan Universitas Gadjah Mada, turut hadir untuk memberikan wawasan dan perspektif dalam pengembangan kurikulum yang lebih inovatif.

Ignatius Edward Riantono dari Universitas Bina Nusantara dan Rijadh Djatu Winardi dari Universitas Gadjah Mada memberikan kontribusi berharga pada lokakarya ini.

Dalam kata sambutannya, Ketua Prodi Akuntansi, Toni Nurhadianto, S.E., M.Sc., menegaskan pentingnya mengikuti perkembangan teknologi yang pesat dalam penyusunan kurikulum.

Ia menyatakan bahwa lokakarya ini adalah langkah strategis untuk mengubah kurikulum Prodi Akuntansi agar lebih relevan dan sesuai dengan prinsip Outcome-Based Education (OBE) serta konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Menurut Toni, perubahan ini diperlukan agar Prodi Akuntansi IIB Darmajaya semakin berkembang dan mampu menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tuntutan dunia kerja.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Riset IIB Darmajaya, RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D., menggarisbawahi peranan penting kurikulum dalam membentuk lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Kurikulum Berbasis OBE menjadi landasan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia kerja.

Ignatius Edward Riantono, salah satu narasumber, menjelaskan konsep inti dari OBE yang menekankan proses pembelajaran yang berkelanjutan, inovatif, interaktif, dan kreatif.

Hal ini membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan mereka, tidak hanya di dalam kelas, tetapi juga melalui pengalaman nyata di luar kampus.

Narasumber lainnya, Rijadh Djatu Winardi, berbicara tentang perubahan kurikulum di Universitas Gadjah Mada dengan merujuk pada Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI) dan International Education Standards (IES) 2021.

Penyusunan kurikulum yang mengacu pada acuan ini penting untuk menjawab tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam era Revolusi Industri 4.0 dan 5.0.

Lokakarya ini diikuti oleh seluruh dosen Prodi Akuntansi IIB Darmajaya, menunjukkan komitmen kolektif dalam mengembangkan kurikulum yang berorientasi masa depan.

Diharapkan hasil dari lokakarya ini akan menjadi dasar yang baik dalam merancang kurikulum yang lebih baik lagi, sesuai dengan profil Prodi dan kebutuhan mahasiswa.

Semua upaya ini diarahkan untuk memastikan bahwa Prodi Akuntansi IIB Darmajaya tetap relevan dan unggul dalam menyediakan pendidikan berkualitas tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *