BERITAOTOMOTIF

Antisipasi Menjelang Operasi Patuh 2023: Korlantas Polri Menyampaikan Harapannya

95
×

Antisipasi Menjelang Operasi Patuh 2023: Korlantas Polri Menyampaikan Harapannya

Sebarkan artikel ini
Antisipasi Menjelang Operasi Patuh 2023 Korlantas Polri Menyampaikan Harapannya
Antisipasi Menjelang Operasi Patuh 2023 Korlantas Polri Menyampaikan Harapannya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Operasi Patuh akan kembali digelar pada periode 10 hingga 23 Juli 2023. Pengumuman ini disampaikan oleh Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi, yang diwakili oleh Kombes Pol Eddy Djunaedi dalam sebuah konferensi pers.

Sebagai bagian dari persiapan operasi tersebut, dilakukan pula Latihan pra Operasi Patuh (Latpraops) 2023 di gedung NTMC Polri, Jakarta.

Latpraops ini bertujuan untuk menekankan pentingnya patuh dan tertib berlalu lintas sebagai cerminan dari moralitas bangsa.

Latihan ini diikuti oleh perwakilan personel Induk PJR jajaran Korlantas Polri.

Eddy menjelaskan bahwa salah satu fungsi dari Latpraops tahun ini adalah untuk memperkuat koordinasi antara Korlantas dan jajaran, sehingga operasi tersebut dapat memberikan manfaat baik bagi aparat kepolisian maupun masyarakat.

Dalam evaluasi hasil analisa yang dilakukan, ditemukan bahwa masih terdapat pengguna jalan yang tidak mematuhi aturan lalu lintas.

Oleh karena itu, Eddy menekankan bahwa kepatuhan dan ketertiban di jalan tidak hanya dapat dicapai melalui penegakan hukum, tetapi juga melalui Pendidikan Masyarakat (Dikmas), teguran, dan imbauan yang bersifat humanis.

Sebelum melaksanakan operasi Mantap Brata, Eddy menjelaskan bahwa Operasi Patuh akan dilaksanakan terlebih dahulu.

Ia menekankan bahwa petugas tidak perlu takut dalam menegakkan hukum selama mengikuti aturan dan SOP yang ada, dan tidak melakukan tindakan penindakan sendiri.

Operasi Patuh 2023 Akan Digelar, Ini Harapan Korlantas Polri
Operasi Patuh 2023 Akan Digelar, Ini Harapan Korlantas Polri

Harapan Korlantas Polri dalam operasi tahun ini adalah tidak adanya komplain dari masyarakat dan petugas tidak menjadi pemicu penurunan indeks kepuasan masyarakat.

Eddy berharap agar mindset petugas dapat diubah, sehingga mereka tidak melakukan perbuatan yang tidak baik.

Eddy juga menyoroti pentingnya mencontoh kepatuhan masyarakat di luar negeri, di mana masyarakat sudah diajarkan tertib sejak dini.

Meskipun pelanggaran masih ada, angkanya terbilang kecil. Ia menekankan pentingnya pendekatan yang simpatik dan humanis, di mana petugas tetap memberikan senyuman dan salam meskipun terdapat penegakan hukum.

Tema yang diangkat dalam operasi ini ditujukan tidak hanya untuk masyarakat, tetapi juga untuk petugas.

Eddy yakin bahwa operasi ini dapat berjalan secara optimal dengan melibatkan seluruh pihak yang terlibat.

Dengan diadakannya Operasi Patuh 2023, Korlantas Polri berharap dapat mendapatkan apresiasi dari masyarakat dan meningkatkan indeks kepercayaan mereka terhadap institusi kepolisian.

Dalam menghadapi operasi ini, kerjasama dan kesadaran masyarakat akan menjadi kunci utama dalam mencapai tujuan bersama, yaitu mewujudkan keamanan dan ketertiban berlalu lintas di seluruh wilayah Indonesia.