BERITA

Analisis Mendalam Fluktuasi Harga Beras: Kajian Khusus oleh Polinela Bersama Para Pakar Ekonomi

34
×

Analisis Mendalam Fluktuasi Harga Beras: Kajian Khusus oleh Polinela Bersama Para Pakar Ekonomi

Sebarkan artikel ini
Fokus Pada Fluktuasi Harga Beras, Polinela Gelar Kajian dari Para Pakar
Fokus Pada Fluktuasi Harga Beras, Polinela Gelar Kajian dari Para Pakar

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Politeknik Negeri Lampung (Polinela) kembali mengukuhkan posisinya dalam menghadirkan kontribusi nyata terhadap dinamika ketahanan pangan di Indonesia.

Pada hari Sabtu, 24 Desember 2023, Program Studi Magister Terapan Pangan Polinela sukses menyelenggarakan Stadium General Magister Terapan Ketahanan Pangan.

Acara ini mengambil tema “Fluktuasi Harga Beras ditinjau dari Perspektif Daya Dukung Lahan, Kebijakan, dan Sistem Logistik.”

Ruang Sidang Utama Kampus Polinela menjadi saksi penting dalam kegiatan ini yang dibuka oleh Direktur Polinela, diwakili oleh Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan, Agung Adi Chandra, S.Kh., M.Si.

Agung menekankan urgensi untuk mengkaji fluktuasi harga beras dengan mempertimbangkan aspek daya dukung lahan, kebijakan, dan sistem logistik.

“Ini menjadi langkah strategis dalam menghadapi dinamika ketahanan pangan di era yang terus berubah,” ujar Agung.

Agung Adi Chandra juga menyoroti pemahaman mendalam tentang fluktuasi harga beras sebagai bagian integral dari tantangan ketahanan pangan di tingkat nasional.

“Kegiatan ini merupakan wujud komitmen Polinela untuk memberikan kontribusi nyata dalam mencari solusi terhadap permasalahan kompleks yang berkaitan dengan produksi dan distribusi pangan, khususnya beras,” tambahnya.

Kegiatan ini melibatkan narasumber ahli terkemuka di bidangnya:

  1. Prof. Dr. Wan Abbas Zakaria, M.S.
    • Topik: Kebijakan Perberasan Nasional
    • Isi: Memberikan pandangan mendalam mengenai strategi untuk mengatasi fluktuasi harga beras di pasar domestik melalui kebijakan perberasan nasional.
  2. Prof. Dr. Muhajir Utomo, M.Sc.
    • Topik: Daya Dukung Lahan Untuk Produksi Pangan
    • Isi: Menyoroti potensi dan keterbatasan daya dukung lahan dalam mendukung produksi pangan, dengan fokus pada keberlanjutan.
  3. Erika Sudarto, S.E., M.Sc.
    • Topik: Sistem Logistik Pangan
    • Isi: Membahas peran sistem logistik dalam menjaga stabilitas pasokan dan distribusi pangan, khususnya beras, sepanjang rantai pasok.

Acara ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa, akademisi, dan praktisi terkait untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai kompleksitas isu ketahanan pangan, khususnya fluktuasi harga beras. Diskusi dan sesi tanya jawab turut memperkaya pemahaman peserta.

Inisiatif Polinela dalam menyelenggarakan kegiatan ini menunjukkan komitmen dalam mengembangkan dan menyajikan pengetahuan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.

Acara ini diharapkan menjadi langkah positif dalam mendukung peningkatan pemahaman dan kerjasama lintas sektor untuk memperkuat ketahanan pangan di Indonesia, khususnya di wilayah Lampung.