BERITA

Analisis Dosen IIB Darmajaya terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi di SMK Bandar Lampung

18
×

Analisis Dosen IIB Darmajaya terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi di SMK Bandar Lampung

Sebarkan artikel ini
Dosen IIB Darmajaya Menganalisis Penggunaan Teknologi Informasi di Sekolah Menengah Kejuruan Bandar Lampung
Dosen IIB Darmajaya Menganalisis Penggunaan Teknologi Informasi di Sekolah Menengah Kejuruan Bandar Lampung

Media90 – Dosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya yang dipimpin oleh Amnah, S.Kom., M.T.I., melakukan analisis terhadap Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Bandar Lampung, menyoroti dampak perkembangan teknologi terhadap proses belajar mengajar di sekolah-sekolah tersebut.

Penelitian ini berfokus pada bagaimana teknologi informasi memengaruhi metode pembelajaran dan kesiapan SMK dalam mengadopsi teknologi tersebut.

Pesatnya kemajuan teknologi telah merambah berbagai sektor, termasuk pendidikan, menjadikan SMK sebagai salah satu fokus utama dalam penelitian ini.

Tim peneliti memulai penelitian sejak bulan September hingga awal Oktober, bertujuan untuk mengetahui sejauh mana teknologi informasi telah diintegrasikan dalam pembelajaran di SMK dan bagaimana respons sekolah terhadap transformasi digital ini.

Baca Juga:  Dukungan Penuh Relawan Budiman Sudjatmiko untuk Capres 2024: Terbentuknya Relawan Prabu Lampung

Amnah dan timnya mengunjungi beberapa SMK di Bandar Lampung, antara lain SMK Arjuna, SMKN 4 Bandar Lampung, SMKN 7 Bandar Lampung, SMKN 6 Bandar Lampung, SMK SMTI Bandar Lampung, SMK Satu Nusa 1 dan 2 Bandar Lampung, SMK Guna Dharma, SMKN 3, SMK 2 Mei, SMK Muhammadiyah 2, SMK Bina Latih, dan SMK Miftahul Ulum Bandar Lampung.

Penelitian ini dipimpin oleh Amnah bersama Meiliza, S.Kom., M.T.I., dan melibatkan tiga mahasiswa: Restu Akbar Ramadhan, Dinda Maharani, dan Novitasari.

“Hasil awal penelitian menunjukkan bahwa tidak semua SMK siap menghadapi perkembangan teknologi dalam pendidikan. Beberapa sekolah masih enggan memperbarui metode pembelajaran mereka karena berbagai alasan,” ujar Amnah pada Minggu, 13 Oktober 2024.

Baca Juga:  Peluang Karir Lulusan S1 Kebidanan Universitas Malahayati: Meniti Masa Depan di Dunia Kesehatan

Tim peneliti menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) untuk menganalisis tingkat penerapan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar.

Model ini dinilai efektif dalam mengolah data yang diperoleh melalui wawancara dan kuesioner di sekolah-sekolah yang menjadi objek penelitian.

“Dengan analisis ini, kami berharap dapat mengetahui apakah SMK di Bandar Lampung siap mengadopsi teknologi informasi sebagai bagian dari proses pendidikan mereka,” tambah Amnah.

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas tentang kesiapan SMK menghadapi perkembangan teknologi serta menjadi panduan bagi sekolah-sekolah dalam mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di masa depan.

Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengambil kebijakan di bidang pendidikan di tingkat lokal dan nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *