BERITA

HUT RI ke-79 di IKN: PLN Komitmen Hadirkan 100% Energi Hijau

15
×

HUT RI ke-79 di IKN: PLN Komitmen Hadirkan 100% Energi Hijau

Sebarkan artikel ini
Peringatan HUT RI ke-79 di IKN, PLN Siap Hadirkan 100 Persen Energi Hijau
Peringatan HUT RI ke-79 di IKN, PLN Siap Hadirkan 100 Persen Energi Hijau

Media90 – PT PLN (Persero) telah mempersiapkan diri untuk menghadirkan listrik yang sepenuhnya berasal dari energi hijau dalam upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 yang akan berlangsung di Ibukota Nusantara (IKN), Kalimantan, pada Sabtu (17/8/2024).

Komitmen ini merupakan bagian dari dukungan PLN terhadap pembangunan kelistrikan di IKN dengan konsep green, smart, dan beautiful, sesuai dengan visi menjadikan IKN sebagai kota yang hijau, futuristik, dan berkelanjutan.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menegaskan bahwa perayaan Kemerdekaan HUT RI ke-79 merupakan momen bersejarah bagi Republik Indonesia.

Untuk itu, PLN akan all out dalam memastikan kelancaran upacara melalui suplai listrik hijau yang andal.

“PLN siap all out dalam menghadirkan suplai listrik hijau 100 persen yang andal demi kelancaran upacara Kemerdekaan HUT RI ke-79 di IKN Nusantara,” ujar Darmawan dalam keterangannya pada Jumat (16/8/2024).

Baca Juga:  PLN Menguatkan Infrastruktur Kendaraan Listrik Saat IIMS 2024 Dibuka

Komitmen ini juga tercermin dari kapasitas produksi listrik Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) IKN yang saat ini telah mencapai 10 Megawatt (MW), jauh melampaui kebutuhan listrik untuk perayaan HUT RI yang sekitar 1,5 MW.

Selain itu, kapasitas PLTS ini akan terus ditingkatkan menjadi 50 MW pada akhir tahun 2024. Keandalan suplai listrik juga didukung oleh pengoperasian gardu induk berteknologi Gas Insulated Switchgear (GIS) 4 IKN dengan kapasitas 2×60 Mega Volt Amphere (MVA) dan pembangunan jaringan transmisi sepanjang 26,03 kilometer.

“PLN telah menyelesaikan pembangunan gardu induk berteknologi GIS 4 IKN, yang akan mendukung keandalan kelistrikan di IKN,” tambah Darmawan.

Gardu induk ini tidak hanya akan memenuhi kebutuhan saat perayaan HUT RI ke-79 tetapi juga memastikan pasokan listrik jangka panjang di IKN.

Dari sisi distribusi, PLN juga telah membangun jaringan distribusi sepanjang 64 Kilometer Sirkit (Kms) yang didukung dengan gardu hubung dan gardu distribusi.

Baca Juga:  Razia Polisi di Bandar Lampung: 17 Pelajar Terjaring, Lima Sajam Diamankan dari Basecamp Pelaku Tawuran

Pembangunan jaringan untuk Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN juga terus digenjot. Dengan persiapan yang matang, PLN telah menyiapkan sistem kelistrikan berlapis di venue utama dan pendukung upacara, memastikan pelaksanaan upacara HUT RI ke-79 dapat berjalan dengan aman dan tanpa kendala.

Dengan semua persiapan ini, PLN memastikan bahwa utilitas jaringan kelistrikan di IKN akan siap mendukung berbagai kebutuhan, baik untuk perayaan penting maupun untuk masa depan kota tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *