BERITA

PKKMB Sambut 10 Ribu Mahasiswa Baru, Rektor Unila Ajak Mahasiswa Selesaikan Studi Tepat Waktu

11
×

PKKMB Sambut 10 Ribu Mahasiswa Baru, Rektor Unila Ajak Mahasiswa Selesaikan Studi Tepat Waktu

Sebarkan artikel ini
PKKMB 10 Ribuan Mahasiswa Baru, Rektor Unila Dorong Mahasiswa Lulus Tepat Waktu
PKKMB 10 Ribuan Mahasiswa Baru, Rektor Unila Dorong Mahasiswa Lulus Tepat Waktu

Media90 – Universitas Lampung (Unila) kembali menyelenggarakan program Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tingkat universitas pada 15-16 Agustus 2024.

Kegiatan yang bertema “Mengembangkan Karakter Mahasiswa di Era Digital untuk Unila Be Strong” ini bertujuan untuk membekali mahasiswa baru dengan pengetahuan dasar yang dibutuhkan selama menempuh pendidikan di Unila.

PKKMB dilaksanakan secara luring di Gedung Serbaguna (GSG) Unila serta secara daring melalui aplikasi Zoom dan kanal YouTube Official Unila.

Dr. Anna Gustina Zainal, S.Sos., M.Si., Wakil Rektor Bidang Alumni dan Kemahasiswaan Unila, mengungkapkan bahwa acara ini diikuti oleh 10.358 mahasiswa baru, mulai dari jenjang D3 hingga S3.

“Selain itu, ada tujuh mahasiswa dari jalur 3T (tertinggal, terdepan, terluar) dan tujuh mahasiswa jalur afirmasi adik Papua yang turut serta dalam kegiatan ini,” tambahnya.

Baca Juga:  Tugas Pilkada Bandar Lampung 2024, Diterima oleh Pengacara Kasus Vina Cirebon Putri Maya Rumanti dari PAN

PKKMB dibuka secara resmi oleh Rektor Unila, Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., Asean., Eng., yang menekankan pentingnya PKKMB sebagai kegiatan wajib bagi seluruh mahasiswa baru.

“PKKMB merupakan syarat untuk mengikuti perkuliahan dan wisuda. Kami mendorong para mahasiswa baru untuk menyelesaikan studi tepat waktu, kurang dari empat tahun, dan diharapkan kalian bisa lulus sebelum Agustus 2028,” ujar Prof. Lusmeilia.

Selama PKKMB, mahasiswa baru menerima berbagai materi penting yang disampaikan oleh para pakar.

Salah satu materi yang disampaikan oleh Kapolda Lampung, Irjen Helmy Santika, berjudul “Mahasiswa dan Ketertiban Masyarakat,” membahas peran mahasiswa dalam menjaga ketertiban masyarakat.

Selain itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Unila, Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T., memberikan pemaparan tentang Peraturan Akademik Unila, sementara Diah Utami Ningsih, S.Psi., M.Pd., menyosialisasikan Anti-Bully dan Kekerasan.

Baca Juga:  Spekulasi Terkait Posisi Pj Gubernur Lampung: Prof. Lusmeilia Afriani, Rektor Unila, Angkat Bicara

Tak hanya itu, materi mengenai Kehidupan Berbangsa dan Bernegara disampaikan oleh Danrem 043 Garuda Hitam, Brigjen TNI Rikas Hidayatullah, diikuti pemaparan tentang Peran Mahasiswa dalam Era Digital oleh Wakil Wali Kota Bandar Lampung, Deddy Amarullah.

Acara ini ditutup dengan materi tentang Layanan Klinik Unila yang disampaikan oleh Tim Klinik Unila, yang bertujuan untuk memperkenalkan berbagai layanan kesehatan yang tersedia bagi mahasiswa.

Sepanjang kegiatan, mahasiswa baru tampak antusias dan interaktif dalam mengikuti sesi tanya jawab dengan para pemateri, menunjukkan semangat mereka dalam memulai perjalanan akademik di Unila.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *