BERITA

Kekhawatiran Warga Jatimulyo: Beruang Hitam Muncul Dua Kali di Pasar Liwa Lampung Barat

15
×

Kekhawatiran Warga Jatimulyo: Beruang Hitam Muncul Dua Kali di Pasar Liwa Lampung Barat

Sebarkan artikel ini
Warga Jatimulyo Pasar Liwa Lampung Barat Cemas, Beruang Hitam Dua Kali Muncul Sore dan Malam
Warga Jatimulyo Pasar Liwa Lampung Barat Cemas, Beruang Hitam Dua Kali Muncul Sore dan Malam

Media90 – Warga lingkungan Jatimulyo, Kelurahan Pasar Liwa, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat, dikejutkan dengan penampakan seekor beruang hitam pada Jumat (9/8/2024).

Beruang hitam tersebut pertama kali terlihat pada sore hari sekitar pukul 16.00 WIB, dan kemudian kembali muncul pada malam harinya sekitar pukul 20.00 WIB di tempat sampah setempat.

Kehadiran beruang hitam ini memicu kekhawatiran di kalangan warga karena satwa liar tersebut semakin sering terlihat di area pemukiman.

Beberapa warga yang menyaksikan kejadian ini segera melaporkannya ke pihak berwenang. Menurut informasi yang diterima dari Polsek Balik Bukit, hewan liar tersebut tampak mengais dan mengorek tumpukan sampah di Dusun Jatimulyo.

Baca Juga:  Damkarmat Berhasil Tangkap Ular Sanca Sepanjang 3 Meter di Kandang Ternak Warga Kalianda, Lampung Selatan

Menindaklanjuti laporan warga, Polsek Balik Bukit bersama tim dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) segera bergerak menuju lokasi pada pukul 16.30 WIB untuk melakukan pengecekan dan memastikan kebenaran informasi tersebut.

Pencarian dan penelusuran berlangsung hingga pukul 18.00 WIB, namun dihentikan karena kondisi yang mulai gelap dan beruang tersebut belum berhasil ditemukan.

Vito, seorang pelajar berusia 13 tahun yang tinggal di lingkungan Jatimulyo, adalah salah satu saksi yang pertama kali melaporkan penampakan beruang tersebut. Ia menyebutkan bahwa beruang terlihat sedang mencari makanan di sekitar tumpukan sampah.

Tim gabungan yang terdiri dari Supriatna, Kepala Resort TNBBS, Kapolsek Balik Bukit Iptu Saptudin, Ipda Sigit Setiawan, Bhabinkamtibmas Polsek Balik Bukit Bripka Figri Leonardo, Kepala Lingkungan Jatimulyo, serta petugas TNBBS lainnya, melakukan pengecekan di lokasi namun tidak menemukan jejak keberadaan beruang. Diduga, beruang tersebut telah kembali ke hutan lindung TNBBS.

Baca Juga:  Ketakutan Menyelip di Hati Warga Braja Emas Way Jepara Lampung Timur: Buaya Bersembunyi di Sungai, Menghalangi Petani ke Sawah dan Pencari Ikan

Kapolsek Balik Bukit dan tim TNBBS menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang namun waspada.

Warga diminta untuk sementara waktu tidak mendekati lokasi penampakan dan meningkatkan penerangan di sekitar pemukiman, terutama di dekat titik koordinat penampakan beruang tersebut, yakni UTM 48 M 398313-9442731.

Masyarakat juga diimbau untuk segera melapor ke petugas piket TNBBS jika melihat kembali keberadaan beruang atau satwa liar lainnya yang mungkin keluar dari hutan lindung.

Pihak berwenang berjanji akan terus memantau situasi dan memberikan informasi terbaru jika ada perkembangan lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *