BERITA

Polinela Hadir dalam Rakernas AMKI di Masjid Salman ITB, Bandung

1
×

Polinela Hadir dalam Rakernas AMKI di Masjid Salman ITB, Bandung

Sebarkan artikel ini
Polinela Ikuti Rakernas AMKI di Masjid Salman ITB, Bandung
Polinela Ikuti Rakernas AMKI di Masjid Salman ITB, Bandung

Media90 – Politeknik Negeri Lampung (Polinela) melalui Badan Pengurus Harian (BPH) Masjid Al Banna ikut serta dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) yang berlangsung di Masjid Salman ITB, Jawa Barat, pada tanggal 20-21 Juli 2024.

Masjid Salman ITB dipilih sebagai lokasi acara karena merupakan tempat berdirinya AMKI pada Agustus 2002. Selain itu, pertemuan ini juga menjadi momen peringatan Milad ke-20 AMKI.

Acara ini dihadiri oleh 251 peserta, yang terdiri dari 176 dosen dan tenaga kependidikan pengurus masjid kampus, serta 76 mahasiswa aktivis masjid dari 110 perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) se-Indonesia.

Polinela mengirimkan perwakilan dari BPH Masjid Al Banna, yakni Ketua Takmir Masjid Al Banna, Drs. Zainal Arifin, M.Pd.; Dr. Ghoffar Husnu, S.Pt., M.Si.; serta dua mahasiswa pengurus BPH Masjid Al Banna, Lukman Nudyn dan Hendra Agus Loriko.

Baca Juga:  Tersebutnya Penjahat Motor di Kalianda: Warga Sragi Berhasil Menangkap dan Memberi Pelajaran pada Pelaku dari Melinting, Lampung Timur

Rakernas tahun ini mengangkat isu terbarukan, yaitu membangun Rumah Amal di kampus masing-masing peserta, serta mendorong pembukaan layanan zakat, infaq, shodaqoh, dan wakaf.

Rumah Amal ini nantinya akan menjadi media layanan Masjid Kampus yang ditujukan bagi jamaah dan masyarakat luas.

AMKI bekerja sama dengan Asosiasi Dosen Pendidikan Islam Seluruh Indonesia (ADPISI) dan Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Swasta se-Indonesia (BKSPTIS).

ADPISI berperan dengan menyediakan dosen yang menjadi jiwa dari Masjid Kampus, mengokohkan perannya dalam pembangunan peradaban.

Sementara itu, BKSPTIS mendorong agar kegiatan AMKI dapat membawa kemajuan bagi Islam di dunia yang pernah jaya.

Diharapkan sinergi dari ketiga organisasi ini mampu membangkitkan kembali kejayaan peradaban Islam melalui optimalisasi masjid, sumber daya manusia (SDM), dan perguruan tinggi.

Baca Juga:  Tri Dharma Rosmala Sari: Melangkah ke Puncak Pendidikan dengan Gelar Doktor dalam Ilmu Akuntansi

Kegiatan Rakernas AMKI juga dihadiri oleh Wakil Presiden RI periode (2004–2009 dan 2014–2019), Dr. (H.C.) Drs. H. M. Jusuf Kalla, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PP Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Dalam kesempatan tersebut, Jusuf Kalla menyampaikan pidato dengan tema “Menuju Masjid Modern yang Memakmurkan Warga Kampus dan Masyarakat di Sekitarnya”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *