BERITA

Mahasiswa Unila Raih Juara Presentasi Proyek SDGs di Islamic University Malaysia

1
×

Mahasiswa Unila Raih Juara Presentasi Proyek SDGs di Islamic University Malaysia

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa Unila Juarai Presentasi Proyek SDGs di Islamic University Malaysia
Mahasiswa Unila Juarai Presentasi Proyek SDGs di Islamic University Malaysia

Media90 – Muhammad Shafwan Assalam, mahasiswa Program Studi Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lampung (Unila), baru-baru ini meraih juara kedua dalam ajang Presentasi Proyek Sustainable Development Goals (SDGs) di International Islamic University Malaysia.

Shafwan, yang akrab disapa, terpilih sebagai delegasi dalam Global Youth Innovation Summit yang diinisiasi oleh LSM Pemuda Mendunia bekerja sama dengan International Islamic University Malaysia dan University Malaya.

Dalam kompetisi yang berlangsung dari 15 hingga 18 Juli 2024 tersebut, Shafwan dan timnya mempresentasikan proyek terkait pengelolaan sampah di Indonesia.

Data dari Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional menunjukkan bahwa pada 2023, 33,53 persen dari total 17,4 juta ton sampah di Indonesia tidak dikelola.

Baca Juga:  Menuju Puncak Prestasi Pendidikan: Unila Adakan Forum Inspiratif Bersama Dosen Internasional

Masalah ini menjadi fokus Shafwan karena berkaitan dengan pelestarian lingkungan dan kemakmuran manusia.

“Kompetisi ini tidak hanya mengasah pola pikir kritis saya, tetapi juga meningkatkan kapabilitas diri dan kepedulian terhadap isu-isu SDGs,” ujar Shafwan.

Meski menghadapi kendala seperti perbedaan pendapat dalam tim dan beberapa anggota yang mengundurkan diri, Shafwan dan timnya berhasil menunjukkan dedikasi dan kerja keras.

Selama kompetisi, Shafwan mengeksplorasi Singapura pada hari pertama, termasuk tur kampus di National University of Singapore.

Pada hari kedua, ia mengunjungi Kuala Lumpur, Malaysia, untuk berbagi dan berdiskusi di University Malaya.

Selain itu, Shafwan juga mengunjungi Museum Seni ASEAN, mengikuti diskusi kewirausahaan dengan perusahaan coklat Malaysia, dan menyaksikan pagelaran budaya.

Baca Juga:  Operasi Kembali: Izin Stockpile Batubara di Way Lunik Panjang Diberikan Pemkot Bandar Lampung Setelah Sempat Tutup

Shafwan, yang memiliki hobi bernyanyi, mengingatkan agar tidak merasa minder dan berani keluar dari zona nyaman.

“Temuilah orang-orang hebat dan manfaatkan semua kesempatan untuk meningkatkan diri dan memperluas relasi,” ujarnya.

Mahasiswa kelahiran Bontang ini berharap pencapaiannya bisa menginspirasi banyak orang dan menjadi motivasi bagi dirinya sendiri untuk terus meningkatkan kemampuan serta meraih prestasi di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *