BERITA

Dinas PUTR Metro Lapor Jalanan Mantap dengan Kemajuan 83,92 Persen, Tertinggi di Lampung

29
×

Dinas PUTR Metro Lapor Jalanan Mantap dengan Kemajuan 83,92 Persen, Tertinggi di Lampung

Sebarkan artikel ini
Dinas PUTR Catat Kemantapan Pembangunan Jalan di Metro Capai 83,92 Persen, Diklaim Tertinggi di Lampung
Dinas PUTR Catat Kemantapan Pembangunan Jalan di Metro Capai 83,92 Persen, Diklaim Tertinggi di Lampung

Media90 – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUTR) Kota Metro mencatat, kemantapan jalan di Metro saat ini telah mencapai 83,92 persen, lebih tinggi dibandingkan nilai kemantapan Provinsi Lampung yang berada di angka 78,68 persen.

Meskipun mengalami fluktuasi, peningkatan ini tercatat hingga akhir tahun 2023. Nilai kemantapan diartikan sebagai kondisi pelayanan jalan sejak konstruksi baru hingga akhir umur rencana, dengan mempertimbangkan batas kemantapan wajar.

Kepala Dinas PUTR Metro, Robby K. Saputra, menyampaikan bahwa tingkat kemantapan jalan di Metro mencapai 83,92 persen berdasarkan survei yang dilakukan pada Desember 2023.

“Kami sudah mencapai angka 83,92 persen untuk kemantapan jalan di Metro. Hasil ini didapatkan dari survei yang mengklasifikasikan tingkat kerusakan jalan, yaitu rendah, sedang, dan tinggi,” ujar Robby K. Saputra pada Jumat (26/07/2024).

Baca Juga:  RSUDAM Lampung Berkomitmen Tingkatkan Kesiapan dengan 15 Kamar Isolasi Pelayanan Pinere

Penentuan tingkat kerusakan jalan didasarkan pada ukuran kerusakan seperti kedalaman lubang, panjang kerusakan, dan permukaan bergelombang.

Berdasarkan survei konsultan, Metro ditempatkan dalam kategori baik karena tingkat kemantapannya berada di antara 80 hingga 100 persen.

Saat ini, Pemerintah Kota Metro telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan jalan lingkungan di 96 titik, di mana 62 titik di antaranya telah memasuki proses kontrak.

“Sebagian lainnya sedang dalam proses e-katalog untuk segera berkontrak. Saya juga meminta para rekanan untuk mempercepat proses tersebut,” tambah Robby K. Saputra.

Selain pembangunan jalan lingkungan, Dinas PUTR Metro juga telah mengerjakan sejumlah ruas jalan utama sejak April hingga Mei 2024, termasuk Jalan Sultan Sahrir, Jalan WR Supratman, Jalan Diponegoro, Jalan FKPPI, Jalan Kacapiring, dan Jalan Imam Bonjol.

Dalam bidang pekerjaan gedung, Dinas PUTR Metro telah menyelesaikan pembangunan Kantor Kelurahan Iringmulyo dan tahap ketiga Kantor Kelurahan Ganjar Asri.

Baca Juga:  SMKN Pulau Tabuan Tanggamus Dibangun oleh Pemprov Lampung Berkat Hibah Warga 1 Ha Tanah

“Kami juga tengah mengerjakan pembangunan trotoar di kawasan pendidikan, terutama di tengah kota dan beberapa titik di Jalan Ki Hajar Dewantara Iringmulyo serta pelebaran jembatan di Jalan Proklamasi Mulyosari yang saat ini sedang dikerjakan,” ungkap Robby.

Terkait penanganan genangan air, Dinas PUTR Metro telah melakukan perbaikan penutup saluran drainase di Jalan Imam Bonjol dan akan mengangkat sedimen di mulut Gang Bambu Kuning sebelum ditutup kembali.

Dengan berbagai upaya tersebut, diharapkan infrastruktur jalan di Kota Metro terus membaik dan memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *