BERITA

Wakil Bupati Pandu Resmi Dilantik sebagai Plt Bupati Lampung Selatan, Gantikan Nanang Ermanto

11
×

Wakil Bupati Pandu Resmi Dilantik sebagai Plt Bupati Lampung Selatan, Gantikan Nanang Ermanto

Sebarkan artikel ini
Tak Ikut Pilkada, Wakil Bupati Pandu Dilantik Jadi Plt Bupati Lampung Selatan Gantikan Nanang Ermanto
Tak Ikut Pilkada, Wakil Bupati Pandu Dilantik Jadi Plt Bupati Lampung Selatan Gantikan Nanang Ermanto

Media90 – Wakil Bupati Lampung Selatan, Pandu Kesuma Dewangsa, kini resmi menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan.

Ia diangkat untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati selama berlangsungnya masa kampanye Pilkada Serentak 2024.

Pandu akan menjalankan tugas sebagai Plt selama lebih dari dua bulan, mulai dari 25 September hingga 23 November 2024.

Pengisian jabatan Plt ini dilakukan karena Bupati Lampung Selatan saat ini, H. Nanang Ermanto, telah ditetapkan sebagai peserta Pilkada Serentak 2024.

Dalam pemilihan kali ini, Nanang Ermanto berpasangan dengan Antoni Imam sebagai calon wakilnya.

Penunjukan Plt ini sejalan dengan regulasi yang diatur dalam Permendagri Nomor 74 Tahun 2016, yang mengatur cuti di luar tanggungan negara bagi kepala daerah yang mengikuti Pilkada.

Karena Pandu Kesuma Dewangsa tidak ikut mencalonkan diri dalam Pilkada 2024, secara otomatis ia diangkat sebagai Plt Bupati Lampung Selatan selama masa kampanye.

Baca Juga:  Mahasiswa Baru Darmajaya Memasuki Dunia IoT: Pengantar dan Peluang

Surat Keputusan (SK) pengangkatan Pandu sebagai Plt Bupati diterimanya langsung dari Penjabat (Pj) Gubernur Lampung, Samsudin.

Prosesi ini dilaksanakan bersama dengan pengukuhan empat Penjabat sementara (Pjs) Kepala Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung, pada acara yang berlangsung di Balai Kratun, Komplek Kantor Pemerintah Provinsi Lampung, Selasa (24/9/2024).

Dalam arahannya, Samsudin menekankan pentingnya menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) selama proses Pilkada berlangsung.

Ia meminta agar seluruh ASN di lingkungan pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis.

“Saya minta kepada para ASN untuk tetap menjaga netralitas selama masa proses Pilkada nanti,” kata Samsudin.

Selain itu, Samsudin juga mengingatkan para Pjs dan Plt kepala daerah untuk melaksanakan tugas dan wewenangnya dengan penuh tanggung jawab.

Baca Juga:  Herman HN Serahkan Surat B1KWK dari Partai Nasdem ke Eva Dwiana dengan Sentuhan Kasih di Pilkada Bandar Lampung 2024

“Atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Lampung, saya mengucapkan selamat bertugas. Saya percaya bahwa dalam waktu yang singkat ini, saudara-saudara sekalian mampu menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya,” tegas Samsudin.

Pada kesempatan yang sama, Penjabat Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Lampung, Maidawati Retnoningsih, juga mengukuhkan Nuri Maulida Pandu sebagai Plt Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan.

Pengukuhan ini mengukuhkan peran keluarga dalam mendukung tugas-tugas kepala daerah, khususnya selama periode kampanye Pilkada.

Dengan pelantikan ini, Pandu Kesuma Dewangsa resmi menjalankan peran sebagai Plt Bupati Lampung Selatan, menggantikan Nanang Ermanto selama masa kampanye Pilkada Serentak 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *