BERITA

UT Bandar Lampung Selenggarakan PKM untuk Tingkatkan Literasi Media di Marga Tiga Lampung Timur

5
×

UT Bandar Lampung Selenggarakan PKM untuk Tingkatkan Literasi Media di Marga Tiga Lampung Timur

Sebarkan artikel ini
Tingkatkan Literasi, UT Bandar Lampung Gelar PKM Peran Media Informasi di Marga Tiga Lampung Timur
Tingkatkan Literasi, UT Bandar Lampung Gelar PKM Peran Media Informasi di Marga Tiga Lampung Timur

Media90 – Universitas Terbuka (UT) Bandar Lampung melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) 2024 di Desa Surya Mataram, Kecamatan Marga Tiga, Kabupaten Lampung Timur, pada Rabu (28/8/2024).

Acara yang bertajuk “Pemanfaatan Media Informasi Dalam Rangka Meningkatkan Peran Serta Masyarakat Dalam Pembangunan” dibuka oleh Kepala Desa Surya Mataram, Ismail Subing.

Ismail Subing menyambut positif kegiatan PKM ini karena dianggap dapat mendorong kemajuan desa.

“Inisiatif PKM tahun ini, yang berfokus pada pemasangan papan pengumuman di setiap dusun, sangat membantu pemerintah dalam menyampaikan informasi tentang hasil dan rencana pembangunan,” ujar Ismail.

Direktur UT Bandar Lampung, Sri Ismulyati, mengungkapkan apresiasi terhadap Pemerintah Desa Surya Mataram atas kerja sama yang baik.

Baca Juga:  Musa Ahmad Gandeng Kader NU Ahsan As'ad Said di Pilkada Lampung Tengah, Ini Profilnya

Ia berharap bahwa ilmu yang disampaikan dalam PKM ini akan meningkatkan literasi masyarakat terkait informasi.

Ketua PKM, Agus Iskandar Pradana Putra, menjelaskan bahwa program ini merupakan bagian dari pengabdian masyarakat dosen yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UT.

“Tahun ini adalah pelaksanaan kedua dari PKM, setelah sebelumnya pada 2023 kami memberikan pelatihan pembuatan peraturan desa (Perdes). Kali ini, kami melatih 25 peserta yang terdiri dari perangkat desa, Badan Pertimbangan Desa, dan kepala dusun,” kata Agus Iskandar.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempermudah akses informasi mengenai pembangunan di Desa Surya Mataram dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan.

Narasumber dalam pelatihan ini meliputi Dra. Sri Ismulyati, M.Si, Agus Iskandar Pradana Putra, SH MH, Drs. Agus Suprijanto MPd, Dr. Whika Febria Dewatisari, SSi, MSi, Eli Budi Santoso, SE, MSAkt CA, dan Sugianto, SIP.

Baca Juga:  Tragedi Nelayan Jawa Tengah: Petir di Perairan Lampung Timur Merenggut Nyawa

Setelah acara pembukaan, langsung dilakukan pemasangan papan pengumuman di setiap dusun, khususnya di halaman rumah kepala dusun.

Diharapkan, dengan adanya papan pengumuman ini, informasi mengenai pembangunan dapat disampaikan dengan tepat dan diterima dengan baik oleh masyarakat Desa Surya Mataram dan pendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *