BERITA

Upacara Megah Pemprov Lampung dalam Memperingati Hari Pahlawan ke-78

230
×

Upacara Megah Pemprov Lampung dalam Memperingati Hari Pahlawan ke-78

Sebarkan artikel ini
Pemprov Lampung Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-78
Pemprov Lampung Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-78

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pemerintah Provinsi Lampung menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-78 dengan megah di Lapangan Korpri, Komplek Kantor Gubernur, Bandar Lampung, pada Jumat (10/11/2023).

Upacara ini dipimpin oleh Ketua DPRD Provinsi Lampung, Mingrum Gumay, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, serta membacakan amanat dari Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Dalam sambutannya, Mingrum Gumay menyampaikan tema peringatan kali ini, yakni “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan.”

Ia menekankan bahwa tema ini dipilih sebagai refleksi mendalam terhadap ancaman penjajahan modern yang semakin nyata.

“Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral,” jelasnya.

Mingrum Gumay menekankan bahwa generasi penerus memiliki tantangan untuk mengelola kekayaan alam dan potensi penduduk Indonesia demi kejayaan Bangsa dan Negara.

Ia menyatakan keyakinannya bahwa dengan semangat perjuangan seperti yang dicontohkan para pejuang pada 10 November 1945, semua tantangan dapat diatasi.

“Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena Pahlawan Bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan,” tambahnya.

Mingrum Gumay juga menegaskan bahwa bangsa Indonesia tidak akan pernah menjadi bangsa pecundang. “Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah.

Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi. Dengan tangan mengepal dan dada menggelora,” ujarnya.

Selanjutnya, dalam amanatnya, Mingrum Gumay menyampaikan bahwa Pemerintah Republik Indonesia telah menyetujui Gelar Pahlawan Nasional untuk KH Ahmad Hanafiah, seorang pejuang kemerdekaan dan ulama berpengaruh asal Kota Sukadana, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung.

“Alhamdulillah, Provinsi Lampung saat ini memiliki 2 (dua) Pahlawan Nasional, yaitu Raden Intan II dan KH Ahmad Hanafiah,” ungkapnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak pengusul yang memiliki gagasan besar dalam mengusulkan KH. Ahmad Hanafiah sebagai pahlawan nasional dari Provinsi Lampung.

Saya yakin Provinsi Lampung akan semakin besar dan dikenal melalui tokoh-tokoh pahlawan sejarah yang kita punya,” tutupnya.

Mingrum Gumay menyampaikan ucapan selamat Hari Pahlawan tahun 2023, sambil mengajak bersama-sama membangun usaha dan ekonomi kerakyatan demi mewujudkan Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

Upacara ini dihadiri oleh anggota Forkopimda Provinsi Lampung, para pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, dan para Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *